Responsive Banner

Transformasi pendidikan menuju Era Society 5.0

Abqoriya, Rifqi ORCID: https://orcid.org/0009-0001-6329-7089 (2025) Transformasi pendidikan menuju Era Society 5.0. In: Pendidikan menuju Era Society 5.0. CV. Gita Lentera, Perm. Permata Hijau Regency blok F/1 Kel. Pisang, Kec. Pauh, Padang, Sumatera Barat. ISBN 978-634-7072-56-6 Inscriber, Inscriber, Inscriber, Inscriber : UNSPECIFIED.

[img] Text
24676.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Transformasi pendidikan menuju era Society 5.0 merupakan respons terhadap perubahan global yang ditandai oleh integrasi antara dunia fisik dan digital. Konsep Society 5.0, yang pertama kali diperkenalkan oleh pemerintah Jepang, menempatkan manusia sebagai pusat kemajuan teknologi untuk menciptakan kehidupan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Dalam konteks pendidikan, transformasi ini menuntut perubahan paradigma dari sistem tradisional berbasis hafalan menuju pembelajaran kolaboratif, kreatif, dan berorientasi pada pemecahan masalah. Pendidikan di era ini dituntut untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), Internet of Things (IoT), serta analitik data untuk mewujudkan pembelajaran yang personal, adaptif, dan partisipatif.

Proses transformasi menghadapi berbagai tantangan, antara lain ketimpangan akses teknologi, kesiapan guru dalam mengintegrasikan inovasi digital, isu privasi dan keamanan data, serta resistensi terhadap perubahan di lingkungan pendidikan. Untuk mengatasinya, diperlukan strategi yang komprehensif melalui peningkatan literasi digital, pengembangan profesional guru secara berkelanjutan, dan kemitraan strategis antara lembaga pendidikan dengan sektor industri. Dengan demikian, pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai wahana transfer pengetahuan, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter, kreativitas, dan kemampuan adaptasi yang relevan dengan tuntutan abad ke-21. Transformasi pendidikan menuju Society 5.0 pada akhirnya bertujuan menciptakan ekosistem pembelajaran yang humanis, inovatif, dan berorientasi pada kesejahteraan sosial yang berkelanjutan.

Item Type: Book Section
Keywords: transformasi pendidikan; Society 5.0; literasi digital; kecerdasan buatan; inovasi pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: M.Pd Rifqi Abqoriya
Date Deposited: 11 Nov 2025 11:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item