Sharfina Nur Amalina, Wahyu Indah Mala Rohmana, Fadlil Abdani (2025) Digitalisasi anyaman Probolinggo: Strategi branding dan promosi UMKM anyaman berbasis potensi lokal dan teknologi digital (sertifikat hak cipta). 001017600.
|
Text
24763.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
Text
24763-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
Abstract
Hak cipta ini ini merupakan hak cipta laporan pelatihan digitalisasi yang dilaksanakan sebagai bentuk penguatan bagi para pelaku UMKM Anyaman Bambu yang ada di Kabupaten Probolinggo agar mampu untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. UMKM Anyaman selama ini masih mengandalkan pemasaran secara konvensional memerlukan adanya perluasan pasar serta membangun identitas merek di era serba digital saat ini. Pelatihan berfokus pada peningkatan literasi digital, strategi branding berbasis potensi local, juga pemanfaatan media social serta marketplace sebagai sarana promosi untuk penjualan barang. Metode pelatihan menggunakan ceramah interaktif, worshop serta praktek secara langsung yang dibagi menjadi dua hari. Hari pertama focus pada materi branding, storytelling serta inovasi desain anyaman, hari kedua lebih berfokus pada praktek langsung pembuatan media social online dan pengelolaan marketplace, untuk jual beli serta praktek membuat video dan fotografi produk untuk kontek promosi sederhana. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap strategi digital serta kemampuan dalam membuat konten visual yang menarik, juga peserta berhasil membuat identitas merk dan logo untuk produk anyaman. Pelatihan digitalisasi ini diharapkan dapat menjadi Langkah awal dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif yang berbasis pada kearifan local terutama di Kabupaten Probolinggo yang dapat berdaya saing pada era digital.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | Digitalisasi UMKM; Anyaman Probolinggo; Branding; Promosi Digital; Potensi Lokal |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of English Language Education |
| Depositing User: | Ms. Wahyu Indah Mala Rohmana |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 13:57 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric