Responsive Banner

Bahasa Arab: Teori, praktik, dan konteks pembelajaran modern

Abul, Ma'ali ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6473-2783 (2025) Bahasa Arab: Teori, praktik, dan konteks pembelajaran modern. In: BAHASA ARAB: TEORI, PRAKTIK, DAN KONTEKS PEMBELAJARAN MODERN. CV. Gita Lentera, Perm. Permata Hijau Regency Blok F/1 Kel. Pisang, Kec. Pauh, Padang, pp. 90-106. ISBN 978-634-7237-44-6 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
Buku Abulma'ali.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buku Bahasa Arab: Teori, Praktik, dan Konteks Pembelajaran Modern adalah karya akademik yang komprehensif dalam menjelaskan aspek kebahasaan Arab dari dimensi sejarah, linguistik, fonologis, dan pedagogis. Dimulai dengan pembahasan mengenai akar sejarah bahasa Arab dari masa pra-Islam hingga era modern dan digital, buku ini mengurai perkembangan dialektal dan standarisasi bahasa Arab Fusha sebagai bahasa keilmuan dan keagamaan.
Dalam bagian linguistik, buku ini membedah aspek fonologi bahasa Arab termasuk analisis bunyi, fonem, dan fenomena pelafalan khas seperti idghām dan huruf-huruf emphatik dengan dukungan pendekatan fonetik modern. Di sisi lain, kajian morfologi (sharaf) dan sintaksis (nahwu) dijelaskan dengan sistematis untuk membekali pembaca dengan pemahaman struktural bahasa Arab.
Yang membuat buku ini unggul adalah integrasi teori linguistik modern seperti strukturalisme, generativisme, dan korpus linguistik dalam pengajaran bahasa Arab. Buku ini juga mengulas strategi pedagogis, pemanfaatan teknologi AI, serta digitalisasi materi ajar untuk mendukung pembelajaran fonologi dan morfologi secara efektif. Cocok bagi mahasiswa, guru bahasa Arab, dosen, dan siapa saja yang ingin memahami serta mengajarkan bahasa Arab secara ilmiah, efektif, dan kontekstual di era global.

Item Type: Book Section
Keywords: maharah kitabah, pembelajaran, pendekatan pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Sharia and Law > Department of Islamic Constitutional Law
Depositing User: Abul Ma'ali
Date Deposited: 20 Nov 2025 10:13

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item