Kementerian Hukum Republik Indonesia (2025) TPQ Ramah Anak, Guru Peduli Anak Terlindungi: Penguatan Kapasitas Guru TPQ Melalui Psikoedukasi Pencegahan Perundungan Anak di Malang (sertifikat hak cipta). EC002025185416.
|
Text
SuratCiptaan_EC002025185416_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
|
Text
LAPORAN QT 2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Program pengabdian masyarakat UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah 2025 dengan judul "TPQ Ramah Anak, Guru Peduli Anak Terlindungi; Penguatan Kapasitas Guru TPQ Melalui Psikoedukasi Pencegahan Perundungan Anak Di Malang" telah sukses dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru TPQ dalam membangun lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan bebas kekerasan bagi anak.
Pendekatan utama menggunakan Participatory Action Research (PAR) melibatkan tahapan need assessment, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Para guru TPQ tidak hanya menjadi peserta pelatihan, tetapi juga turut merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi praktik ramah anak di lembaganya masing-masing. Modul pelatihan mencakup konsep TPQ ramah anak, identifikasi bullying, dan strategi pencegahan berbasis SEL dan self-compassion. Sebanyak 30 guru dari 5 TPQ berpartisipasi aktif dalam 6 sesi pelatihan interaktif, konsep TPQ ramah anak, pembelajaran sosial-emosional (Social Emotional Learning), self-compassion untuk guru dan santri, serta penyusunan action plan keberlanjutan.
Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kesadaran guru sebesar 85% (pre-post test), dan terciptanya lingkungan belajar inklusif dan penuh kasih di TPQ binaan. Pendekatan PAR terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran reflektif, memperkuat empati guru, dan membangun budaya pendidikan Islam yang ramah anak, berkeadilan, dan berkelanjutan. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat keagamaan mampu memperkuat peran guru sebagai agen perlindungan anak di lembaga pendidikan nonformal berbasis Islam.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | TPQ Ramah Anak, Psikoedukasi, Pencegahan Bullying, Pembelajaran Sosial Emosional (SEL), Self Compassion |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
| Depositing User: | Dessy Putri Wahyuningtyas |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 18:29 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric