Nur, Ali et.al (2025) P-TEQ 1.0: Model Struktural Kebijakan Pemerintah untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Guru. 001022251.
|
Text (HAKI)
2025 HaKi buku Litabdimas.pdf Download (3MB) |
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan guru di Indonesia menghadapi tantangan kompleks berupa kesenjangan antara formulasi kebijakan pemerintah dan realitas implementasi di lapangan. Buku ini memperkenalkan model P-TEQ 1.0 (Policy–Teacher Education Quality Model), sebuah kerangka struktural baru yang dirancang untuk menganalisis hubungan antara Kebijakan Pemerintah dengan Kualitas Pendidikan Guru melalui mediasi enam variabel kunci: Model Pembelajaran, Prestasi Guru, Kompetensi Guru, Kurikulum Pendidikan Guru, Sumber Daya Manusia, dan Akses Terhadap Teknologi. Menggunakan metode analisis Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dan Importance-Performance Map Analysis (IPMA) , penelitian ini menemukan bahwa Kebijakan Pemerintah merupakan determinan paling dominan dengan nilai importance dan performance tertinggi, diikuti oleh Akses Terhadap Teknologi. Temuan empiris juga mengungkap anomali pada variabel Prestasi Guru yang berpengaruh negatif terhadap kualitas pendidikan guru, hal ini mengindikasikan bahwa guru berprestasi cenderung merasa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan secara daring penuh kurang memberikan nilai tambah dan interaksi yang relevan bagi pengembangan mereka. Penelitian ini menyimpulkan perlunya transformasi kebijakan yang tidak seragam, melainkan adaptif dan diferensiatif. Rekomendasi utama meliputi penerapan model pembelajaran hybrid dan penyediaan jalur khusus bagi guru berprestasi untuk memastikan peningkatan kompetensi yang efektif dan tepat sasaran. Model P-TEQ 1.0 diharapkan menjadi acuan strategis bagi pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan pendidikan guru yang lebih kontekstual dan berbasis data.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | Kualitas Pendidikan Guru; Kebijakan Pemerintah; P-TEQ 1.0; PLS-SEM; PPG Daring |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management |
| Depositing User: | Nur Ali |
| Date Deposited: | 23 Nov 2025 14:59 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric