Abtokhi, Ahmad
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2328-251X and Fahmi, Hisyam
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2665-1536
(2025)
Inovasi Pembelajaran Fisika Dasar Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mekanika Berbasis ICT Untuk Melatihkan Keterampilan Kolaboratif dan Pemecahan Masalah.
Research Report.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
(Unpublished)
|
Text
Laporan Penelitian 2025-summarized.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat pembelajaran fisika pada materi mekanika berbasis Information and Communication Technologies (ICT) untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif dan pemecahan masalah mahasiswa S-1. Tujuan utama dari penelitian ini adalah merancang sebuah Learning Management System (LMS) yang mengintegrasikan Google Sites dengan pendekatan problem-based learning (PBL) dan menggunakan metode penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran untuk mendukung pembelajaran fisika dasar, khususnya pada materi mekanika. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis ICT ini dinilai "cukup valid dengan revisi minor". Nilai rata-rata kevalidan perangkat mencapai 85,6%, yang menunjukkan bahwa perangkat ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran, meskipun masih memerlukan beberapa perbaikan, terutama terkait dengan petunjuk penggunaan dan keamanan akun pengguna pada LMS. Aspek kemudahan penggunaan, aksesibilitas, dan efektivitas perangkat dalam mendukung kolaborasi serta pemecahan masalah mahasiswa mendapatkan penilaian yang baik. Namun, terdapat kekurangan pada beberapa aspek yang memerlukan perbaikan agar lebih optimal dalam mendukung pembelajaran daring.
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | Collaborative skill; fisika dasar; Learning Management System; mekanika; problem-solving skill |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
| Depositing User: | Hisyam Fahmi |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 11:04 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric