Responsive Banner

Pengembangan model workshop experiential–reflective learning untuk peningkatan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah

Miftahusyai’an, Mohammad ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7727-3400, Lestantyo, Prayudi ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5206-3458 and Mulyoto, Galih Puji ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0649-1587 Pengembangan model workshop experiential–reflective learning untuk peningkatan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah. Research Report. Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M), Lokal.

[img] Text
Laporan_Penelitian_Mandiri_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mendesak akan peningkatan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui metode pelatihan yang lebih transformatif dan relevan dengan praktik mengajar nyata. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan Model Workshop Experiential–Reflective Learning (WERL) yang teruji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya dalam meningkatkan kompetensi guru MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan yang sistematis, meliputi: (1) analisis kebutuhan guru terkait kompetensi yang harus ditingkatkan, (2) perancangan model WERL yang mengintegrasikan pengalaman langsung dan refleksi mendalam, (3) validasi ahli (expert judgment) untuk mengukur kelayakan teoretis model, (4) uji coba terbatas untuk mengevaluasi kepraktisan awal, (5) implementasi pada kelompok guru yang lebih luas, dan (6) revisi akhir model berdasarkan hasil uji coba.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model WERL yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi guru MI. Keefektifan ini ditunjukkan melalui peningkatan yang signifikan pada aspek: pemahaman konseptual, keterampilan pedagogik (termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran), serta kemampuan reflektif guru terhadap praktik mengajarnya. Model WERL memfasilitasi guru untuk belajar dari pengalaman, menganalisis tantangan secara mandiri, dan merumuskan solusi inovatif untuk perbaikan berkelanjutan.
Dengan demikian, Model Workshop Experiential–Reflective Learning direkomendasikan sebagai alternatif program pelatihan yang unggul dan kontekstual untuk memastikan guru MI memiliki kompetensi yang adaptif dan profesional.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Experiential Learning, Reflective Learning, Model Workshop, Kompetensi Guru, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Prayudi Lestantyo
Date Deposited: 01 Dec 2025 10:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item