Abdul Bashith (2025) Pengembangan Laboratorium Lapangan Berbasis Virtual Reality untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS di PTKIN (sertifikat hak cipta). 001024035.
|
Text
sertifikat HAKI - Abdul Bashith dkk.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Laboratorium merupakan sarana penting dalam pembelajaran, termasuk IPS PTKIN, karena mendukung praktik, inkuiri, dan riset ilmiah yang menghubungkan teori dengan realitas sosial serta mempersiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan era digital. Namun, pengembangan laboratorium IPS masih menghadapi kendala seperti keterbatasan dana, ruang, tenaga ahli, dan rendahnya perhatian institusi. Sebagai solusi, laboratorium virtual berbasis teknologi informasi, khususnya Virtual Reality (VR), dikembangkan untuk meningkatkan interaktivitas, pengalaman belajar imersif, pemahaman konsep, motivasi, dan hasil belajar mahasiswa. Teknologi VR mampu menghadirkan lingkungan belajar yang lebih realistis dan otentik, tetapi penelitian terkait pengembangan dan penerapannya dalam konteks PTKIN masih sangat terbatas sehingga diperlukan kajian lebih lanjut mengenai efektivitasnya dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pengembangan produk laboratorium lapangan IPS berbasis Virtual Reality di PTKIN, 2) mengetahui kelayakan produk laboratorium lapangan IPS berbasis Virtual Reality yang dikembangkan, dan 3) mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium lapangan berbasis Virtual Reality terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa IPS di PTKIN. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dikembangkan berupa laboratorium lapangan IPS berbasis VR menggunakan Insta360, Insta Studio, YouTube VR, serta platform web pendukung. Desain penelitian menggunakan kuasi-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest untuk mengukur pengaruh media terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sementara subjek uji coba terdiri dari dosen dan mahasiswa Pendidikan/Tadris IPS di lima PTKIN Jawa Timur, yakni UIN Maliki Malang, UIN Tulungagung, UIN Ponorogo, UIN Jember, dan UIN Madura. Instrumen penelitian meliputi angket kelayakan dan motivasi belajar serta tes hasil belajar, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan statistik inferensial melalui uji normalitas, homogenitas, dan paired sample t-test. Media laboratorium lapangan IPS berbasis Virtual Reality terbukti memenuhi standar kelayakan dengan hasil validasi ahli dan uji coba mencapai rata rata 90,31%, termasuk kategori sangat layak. Penggunaan media ini juga menunjukkan peningkatan signifikan pada motivasi belajar mahasiswa, dengan kenaikan rata-rata 20,97 poin dari pretest ke posttest, serta peningkatan hasil belajar yang signifikan berdasarkan uji paired sample t-test dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa laboratorium lapangan berbasis VR efektif digunakan dalam pembelajaran IPS, dan penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas pengembangan media berbasis teknologi imersif dalam konteks pendidikan tinggi.
| Item Type: | Hak Cipta |
|---|---|
| Keywords: | Virtual Reality, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
| Depositing User: | Saiful Amin |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 11:02 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric