Responsive Banner

mohon untuk mengganti file, dikarenakan karya ini masuk dalam kategori book section, maka file yang diunggah adalah PDF buku/ ebook yg ditulis dan sudah final, BUKAN HASIL SCAN, dari cover, halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan bagian buku yg ditulis saja.. bukan hanya bab, namun identitas cover dll juga dicantumkan PENILAIAN DAN EVALUASI KINERJA MICROTEACHING

Rusuly, Usfiyatur (2025) mohon untuk mengganti file, dikarenakan karya ini masuk dalam kategori book section, maka file yang diunggah adalah PDF buku/ ebook yg ditulis dan sudah final, BUKAN HASIL SCAN, dari cover, halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan bagian buku yg ditulis saja.. bukan hanya bab, namun identitas cover dll juga dicantumkan PENILAIAN DAN EVALUASI KINERJA MICROTEACHING. In: PENILAIAN DAN EVALUASI KINERJA MICROTEACHING. PT. Srikandi Group Press, Agam, pp. 121-151. ISBN 978-634-04-5331-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
BOOK SBP 06 Menguasai Microteaching Keterampilan Dasar Mengajar yang Efektif-131-161 usfiyatur rusuly.pdf

Download (463kB)

Abstract

Microteaching merupakan salah satu pendekatan penting dalam
pendidikan calon guru karena memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melatih keterampilan mengajar dalam skala kecil,
terkontrol, dan terstruktur sebelum terjun ke kelas nyata. Praktik
microteaching biasanya melibatkan perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran dengan durasi terbatas, serta refleksi diri melalui evaluasi dan umpan balik dari dosen maupun teman sejawat. Microteaching merupakan salah satu strategi penting dalam pendidikan guru yang berfungsi sebagai jembatan antara teori pedagogi dengan praktik nyata di kelas. Melalui simulasi pembelajaran dalam skala kecil, calon guru dapat mengembangkan keterampilan mengajar secara sistematis sekaligus mendapatkan umpan balik untuk perbaikan. Penilaian dan evaluasi dalam microteaching tidak hanya berfokus pada kemampuan menyampaikan materi, tetapi juga pada aspek perencanaan, interaksi dengan siswa, serta refleksi diri atas proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian dalam microteaching memiliki peran krusial untuk menilai kesiapan pedagogis calon guru, baik dari segi penguasaan materi, penggunaan metode pembelajaran, maupun kemampuan komunikasi. Evaluasi tidak hanya menekankan pada hasil mengajar, tetapi juga pada proses pengembangan keterampilan mengajar yang berlangsung secara siklus mulai dari praktik, observasi, refleksi, hingga perbaikan.

Item Type: Book Section
Keywords: Penilaian, evaluasi, microteaching
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Usfiyatur Rusuly
Date Deposited: 03 Dec 2025 13:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item