Responsive Banner

Penguatan pendidikan ilmu sosial pada era digital untuk mendukung inklusi sosial dan keadilan ekonomi di Indonesia Timur: Study di SMA Ternate Maluku Utara

Zuhroh, Ni’matuz, Rahmaniah, Aniek and Mujtahid, Mujtahid ORCID: https://orcid.org/0009-0002-1511-2649 (2025) Penguatan pendidikan ilmu sosial pada era digital untuk mendukung inklusi sosial dan keadilan ekonomi di Indonesia Timur: Study di SMA Ternate Maluku Utara. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Final_2-12-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

mengatasi tantangan sosial dan ekonomi di Indonesia Timur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung inklusi sosial dan keadilan ekonomi di Indonesia Timur melalui pendidikan yang lebih inklusif, relevan, dan berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini 1) Menganalisis kondisi pendidikan ilmu sosial di Indonesia Timur dalam mendukung inklusi sosial dan keadilan ekonomi. 2) Mengidentifikasi peran teknologi digital dalam meningkatkan kualitas dan akses pendidikan ilmu sosial. 3) Merumuskan strategi penguatan pendidikan ilmu sosial berbasis digital untuk mendukung inklusi sosial dan keadilan ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi Penelitian di SMA Negeri 1 Ternate, SMA Negeri 10 Ternate dan SMA Muhammadiyah Ternate. Peneliti melibatkan informan di antaranya guru, siswa, kepala sekolah, pemangku kepentingan di bidang pendidikan, dan para stakeholder. Peneliti melakukan observasi, FGD dan wawancara secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Peneliti melakukan analisis data secara induktif dan dengan teknik triangulasi. Teknik triangulasi dilakukan untuk meningkatkan validitas data sehingga terkumpul data yang akurat dan valid, reliabilitas data berlangsung konsisten, dapat dipercaya, dan untuk mengurangi bias dalam penelitian. Dugaan hasil penelitian bahwa dukungan dan kolaborasi dengan semua pihak menjadi modal utama bagi tercapainya inklusi sosial dan keadilan ekonomi di Indonesia Timur. Faktor sosial dan budaya yang menghambat tercapainya inklusi sosial, harus menjadi permasalahan bersama yang harus dihadapi, agar tercipta sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Teknologi Digital, Inklusi Sosial, Keadilan Ekonomi, Pendidikan Ilmu Sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Mujtahid Mujtahid
Date Deposited: 03 Dec 2025 10:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item