Responsive Banner

Integrasi Kaligrafi dalam Pembelajaran Menulis Arab pada Mahasiswa PBA UIN Malang: Pendekatan Visualisasi Artistik

Ummah, Mirza Naashirotul, Nurhalisa, Laila, Mufliha, Mufliha and Syarofah, Alfiatus ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5161-7877 (2025) Integrasi Kaligrafi dalam Pembelajaran Menulis Arab pada Mahasiswa PBA UIN Malang: Pendekatan Visualisasi Artistik. Research Report. Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. (Submitted)

[img] Text
laporan Rekognisi FIX 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk inetgrasi kaligrafi dalam pembelajaran menulis arab serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran menulis arab yang diintegrasikan dengan kaligrafi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
integrasi kaligrafi tidak hanya memperkuat pemahaman mahasiswa terhadap struktur huruf Arab, tetapi juga menumbuhkan apresiasi estetika dan keterlibatan emosional dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendekatan visualisasi artistik mendorong mahasiswa untuk mengekspresikan konsep kebahasaan melalui bentuk-bentuk kreatif,
sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perpaduan antara pembelajaran kaligrafi dan menulis Arab dapat menjadi strategi pedagogis inovatif dalam pendidikan bahasa Arab yang menggabungkan kecakapan linguistik dengan kepekaan artistik.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Integrasi Kaligrafi; Pembelajaran Menulis Arab; Respon Mahasiswa; Visualisasi Artistik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Harir Mubarok
Date Deposited: 05 Dec 2025 09:03

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item