Responsive Banner

Pengaruh model game based learning terintegrasi artificial intelligence dengan media quizwhizzer untuk meningkatkan collaborative skill siswa

Dhorifah, Ani and Sari, Ulfi Andrian ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3874-545X (2025) Pengaruh model game based learning terintegrasi artificial intelligence dengan media quizwhizzer untuk meningkatkan collaborative skill siswa. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 4 (3). pp. 313-327. ISSN 2828-4763

[img] Text
18126-Article Text-47885-1-10-20251026.pdf

Download (619kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) menuntut adanya inovasi model pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based
Learning berbantuan Artificial Intelligence melalui media aplikasi Quizwhizzer terhadap
peningkatan Collaborative Skill siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Kota Kediri. Metode yang
digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment jenis Nonequivalent Control
Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pretest dan posttest pada
kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas,
homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan
peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Nilai
rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen masing-masing sebesar 53,533 dan
57,167, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 54,765 dan 56,618. Uji hipotesis menunjukkan
nilai signifikansi 0,047 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan
model Game Based Learning berbantuan Artificial Intelligence melalui media Quizwhizzer
terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi siswa.

Item Type: Journal Article
Keywords: Game Based Learning, Artificial Intelligence, Quizwhizzer, Collaborative Skil
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Ulfi Andrian Sari
Date Deposited: 05 Dec 2025 08:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item