Pengukuran Kinerja Berbasis Budaya Spiritual Dalam Rangka Pelayanan Prima: Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III

Slamet, Slamet and Sucipto, Agus and Jalaludin, Ahmad and Andriani, Sri (2011) Pengukuran Kinerja Berbasis Budaya Spiritual Dalam Rangka Pelayanan Prima: Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text Laporan Penelitian)
Dok5-Pengukuran-Kinerja-Spiritual.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (52MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengukuran kinerja berbasis budaya spiritual dalam rangka pelayanan prima pada Kanwil Ditjen Jatim III dimotivasi dari adanya reformasi perpajakan mulai tahun 1983-2012 dengan evaluasi setiap tahun. Tahun 2011 target pajak sebesar Rp 875 triliun sampai dengan 9 agustus 2011 telah tercapai 380,5 triliun (54,4%) dari target APBN, hal ini menunjukkan semakin baik kinerja Ditjen Pajak. Permasalahan yang muncul adalah masyarakat membutuhkan kepercayaan yang tinggi, pelayanan yang terbaik sesuai dengan hak dan kewajibannya dari pemerintah (Ditjen Pajak), tetapi permasalahan masih muncul bahkan menjadi perhatian public, seperti “Gayus” dan menyebabkan kepercayaan masyarakat mulai pudar lagi.

Maka penelitian ini menawarkan konsep pengukuran kinerja yang berintegrasi antara kinerja umum dan budaya spiritual (keimanan) dengan tujuann reformasi perpajakan berjalan dengan baik, pelayanan prima tercapai. Sehingga penelitian ini melakukan pengembangan model pengukuran kinerja berbasis budaya spiritual. Metode yang dipakai adalah kuantitatif method dengan smartPLS, melalui penyebaran kuesioner. Serta analisis SOP di kantor pajak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran kinerja berbasis budaya spiritual perlu dilakukan pada sector public (Ditjen Pajak). Hasil Pemodelan yang ada dapat diinterpretasikan bahwa pada awalnya integrasi hubungan yang baik akan menjadi faktor pendorong menigkatkan integrasi hidup, selanjutnya akan membantu terbentuknya integrasi ibadah yang baik.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 03 Mar 2016 10:56

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item