Responsive Banner

Pengembangan ensiklopedia finansial literasi bagi anak usia dini: Augmented reality integrated

Fitriah, Nurlaeli ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8734-1577, Pusposari, Luthfiya Fathi ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4456-955X and Santoso, Sandy Tegariyani Putri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0523-1727 Pengembangan ensiklopedia finansial literasi bagi anak usia dini: Augmented reality integrated. Research Report. Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M), Malang. (Unpublished)

[img] Text
Laporan PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA FINANSIAL LITERASI BAGI ANAK USIA DINI-AR INTEGRATED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini, di Indonesia, finansial literasi untuk kelompok anak dan remaja masih membutuhkan perhatian lebih. Hal ini disebabkan oleh masih kurangnya inisiatif edukasi yang tepat sasaran, serta terbatasnya akses kepada materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami bagi anak. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan ensiklopedia finansial literasi berbasis augmented reality yang layak dan efektif dalam meningkatkan pengetahuan keuangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) dengan mengadaptasi model 4D dalam proses pengembangannya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, FGD dan tes. Adapun subjek penelitian ini mencakup ahli (media dan materi), guru sebagai users, serta siswa RA/TK usia 5-6 tahun yang akan menjadi subjek ujicoba dari produk ini. Hasil penelitian ini menghasilkan gambaran tahapan pengembangan bahwa : 1) Tahap define menunjukkan bahwa materi pembelajaran literasi keuangan yang ada belum cukup untuk memenuhi kebutuhan belajar anak usia dini, sehingga, terdapat kebutuhan yang jelas akan perangkat pembelajaran interaktif baru ensiklopedia finansial literasi berbasis augmented reality yang layak dan efektif dalam meningkatkan pengetahuan keuangan anak usia dini; 2) Tahap design ensiklopedia ini didasarkan pada penggabungan format buku tradisional dengan teknologi Augmented Reality dengan empat bagian tematik dikembangkan meliputi Uang dan Pendapatan, Menabung, Kebutuhan dan Keinginan, dan Berbagi; 3) Fase pengembangan (development) mencakup beberapa tinjauan pakar, revisi produk, dan uji coba di kelas. Umpan balik dari pakar menghasilkan peningkatan teknis dan desain, sedangkan uji coba lapangan dengan tiga kelas, ditemukan bahwa guru memerlukan pelatihan teknologi AR agar dapat mengintegrasikan aplikasi secara efektif ke dalam pembelajaran mereka; 4) fase desiminasi (dessiminate) evaluasi sumatif menunjukkan bahwa ensiklopedia terintegrasi AR ini sesuai dan efektif. Anak-anak yang belajar dengan media yang dikembangkan mencapai hasil yang jauh lebih baik daripada kelompok kontrol, yang menerima instruksi tradisional. Indikator "menabung" dan "kebutuhan dan keinginan" menunjukkan peningkatan yang sangat kuat, sementara dimensi sosial seperti "berbagi" juga menunjukkan perkembangan positif. Uji Mann-Whitney U secara statistik mengonfirmasi bahwa perbedaan antara kelompok kontrol dan perlakuan signifikan berdasarkan hasil posttest, namun tidak signifikan berdasarkan N-gain score. Namun nilai cohen d memperkuat bahwa ensiklopedia yang dikembangkan merupakan alat yang valid dan efektif untuk meningkatkan literasi keuangan anak usia dini. Fase ini berlanjut dengan final packaging dimana produk difinalisasi menjadi produk jadi dan diperkenalkan kepada masyarakat.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: financial literacy, early childhood, augmented reality
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Nurlaeli Fitriah
Date Deposited: 08 Dec 2025 09:22

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item