Nuzula, Nafisa Ega, Walid, Muhammad
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5887-0453 and Marno, Marno
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9429-8052
(2025)
Analisis pengembangan kurikulum di Pondok Pesantren.
JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8 (5).
pp. 4785-4792.
ISSN 2614-8854
|
Text
25787.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (237kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini menganalisis pengembangan kurikulum di pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai keagamaan bagi santri. Dengan menggunakan metode penelitian library research, penelitian ini mengkaji berbagai jenis pondok pesantren yaitu: (1) salafiyah, (2) khalafiyah, dan (3) kombinasi, serta membahas ciri khas dan kurikulum dari masing-masing pondok pesantren. Kurikulum pondok pesantren salafiyah menitikberatkan pada kajian kitab klasik dan ilmu agama, sedangkan kurikulum pondok pesantren khalafiyah bersifat modern dan terstruktur. Selain itu, artikel ini juga menekankan perlunya standarisasi kurikulum untuk memastikan kualitas pendidikan yang bertanggung jawab tanpa menghilangkan kemandirian pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan tujuan pendidikan di setiap pondok pesantren menghasilkan variasi dalam implementasi kurikulum yang mencerminkan perkembangan dan tuntutan zaman.
| Item Type: | Journal Article |
|---|---|
| Keywords: | analisis; pengembangan kurikulum; pondok pesantren |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management |
| Depositing User: | Muhammad Walid |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 10:48 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Dimensions
Dimensions