Responsive Banner

Optimalisasi kurikulum Pendidikan Agama Islam pada kelas inklusi di Sekolah Dasar Yamastho Surabaya

Zamzama, Munfa'ati El, Walid, Muhammad ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5887-0453 and Susilawati, Samsul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151 (2025) Optimalisasi kurikulum Pendidikan Agama Islam pada kelas inklusi di Sekolah Dasar Yamastho Surabaya. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8 (1). pp. 140-147. ISSN 2614-8854

[img]
Preview
Text
25788.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah inklusif serupa dengan kelas reguler tetapi disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus (ABK). Jika diperlukan, mereka dapat dipindahkan sementara dari kelas reguler untuk mendapatkan bimbingan khusus. Pendekatan ini memberi siswa dengan tantangan fisik atau psikologis pilihan antara sekolah inklusif atau sekolah luar biasa (SLB), sesuai kebutuhan mereka. Di SD Yamastho Surabaya, siswa ABK di kelas 1 hingga 3 sepenuhnya diintegrasikan ke dalam kelas inklusif. Namun, untuk kelas 4 hingga 6, pendekatan yang lebih fleksibel diterapkan, di mana mereka dapat bergabung dengan kelas reguler berdasarkan kesiapan, kemampuan mengikuti pelajaran, dan keterampilan sosial, sesuai penilaian guru. Optimalisasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi prioritas, dengan modifikasi yang memastikan kurikulum dapat mengakomodasi kebutuhan semua siswa. Pendekatan ini bertujuan agar pembelajaran PAI efektif bagi siswa reguler maupun ABK, dengan penyesuaian materi dan metode sesuai kemampuan mereka. SD Yamastho menggunakan metode Instruksi Berbeda (Differentiated Instruction) untuk mengembangkan kurikulum PAI yang inovatif dan inklusif. Model ini tidak hanya berfokus pada akademik, tetapi juga pada pengembangan kemandirian, kemampuan bersosialisasi, dan potensi individu. Pendekatan individual mencakup pengenalan materi bertahap, tugas adaptif, dan bimbingan yang disesuaikan. Strategi seperti dukungan satu satu, penguatan psikologis, dan fleksibilitas metode menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Pendekatan ini membuktikan bahwa pendidikan inklusif dapat berhasil melalui praktik pengajaran inovatif dan kolaboratif yang menghargai potensi unik setiap siswa.

Item Type: Journal Article
Keywords: optimalisasi kurikulum; pendidikan agama islam; kelas inklusi; sekolah dasar yamastho surabaya
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Muhammad Walid
Date Deposited: 09 Dec 2025 10:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item