Jauhari, Rafi, Walid, Muhammad
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5887-0453 and Aziz, Abdul
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8838-7259
(2025)
Transformasi kebijakan kurikulum di madrasah: Komparasi kritis antara KMA Nomor 347 Tahun 2022 dan KMA Nomor 450 Tahun 2024.
JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8 (7).
pp. 7009-7016.
ISSN 2614-8854
|
Text
25791.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (222kB) | Preview |
Abstract
Transformasi kebijakan pendidikan Islam di Indonesia tercermin dalam perubahan regulasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan isi dan arah kebijakan dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 347 Tahun 2022 dan KMA Nomor 450 Tahun 2024 sebagai pedoman implementasi kurikulum tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data dari dokumen resmi, telaah literatur akademik, pencatatan isi, dan analisis deskriptifkomparatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa KMA 347 bersifat normatif dan administratif sebagai regulasi transisi, sedangkan KMA 450 bersifat transformatif, dengan penekanan pada nilai rahmatan lil alamin, project-based learning, authentic assessment, serta penguatan karakter melalui integrasi program P5-PPRA. Pembahasan memperlihatkan adanya pergeseran paradigma kebijakan dari struktural menuju nilai-orientatif. Temuan ini diperkuat dengan teori teori pendidikan seperti konstruktivisme (Dewey), asesmen autentik (Wiggins & McTighe), dan pendidikan nilai Islam (Al-Attas). Penelitian ini menyarankan pentingnya pelatihan berkelanjutan, penguatan otonomi madrasah, dan sinergi lintas pemangku kepentingan dalam keberhasilan implementasi kebijakan pendidikan Islam yang adaptif dan berkelanjutan.
| Item Type: | Journal Article |
|---|---|
| Keywords: | kurikulum merdeka; madrasah; kebijakan pendidikan; KMA 347; KMA 450; pendidikan islam |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management |
| Depositing User: | Muhammad Walid |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 11:00 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Dimensions
Dimensions