Responsive Banner

Readiness dosen dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan untuk pengajaran menulis teks akademik di perguruan tinggi

Putera, Zulmy Faqihuddin, Shofiah, Nurul, Ramadhani, Rizki Puteri, Maulidina, Ahsani, Puspitasari, Peni and Purwaningsih, Henny (2024) Readiness dosen dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan untuk pengajaran menulis teks akademik di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 9 (2). pp. 170-181. ISSN 2528-6684

[img]
Preview
Text
25855.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (394kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesiapan dosen di perguruan tinggi polinema dalam mengintegrasikan Kecerdasan Buatan (AI) dalam pendidikan untuk penulisan tugas akademik dengan fokus pada persepsi, tantangan, dan kebutuhan pelatihan mereka. Metodologi kualitatif digunakan, dengan menggunakan Desain yang didasarkan pada prinsip-prinsip dasar Technology Acceptance Model (TAM) yang diusulkan oleh Davis (1989) Dale & Viethen (2021) dan Nazari dkk. (2021). Subjek penelitian yakni 10 dosen di dua Universitas Malang. panduan yang dikembangkan dan disempurnakan melalui tinjauan sejawat ahli dan studi percontohan ini mencakup sikap terhadap AI, manfaat dan tantangan yang dirasakan dari AI dalam pengajaran kemahiran diri dalam menggunakan AI, dan niat perilaku terkait penggunaannya. Hasilnya menunjukkan tingkat kesiapan dosen yang berbeda-beda, yang dipengaruhi oleh latar belakang pemahaman teknologi, dan kekhawatiran akan privasi dan keamanan data. Meskipun ada rasa optimisme secara umum tentang potensi AI, tantangan signifikan terkait akses sumber daya yang terbatas dan pengembangan profesional yang tidak memadai telah diidentifikasi. Hasil penelitian ini menekankan perlunya inisiatif kebijakan yang ditargetkan dan program pelatihan untuk meningkatkan kesiapan dosen dalam mengadopsi AI. Wawasan dari penelitian ini berkontribusi dalam memahami fasilitator dan hambatan integrasi AI dalam pendidikan, menyoroti peran penting kesiapan dosen dalam pemanfaatan AI yang efektif dalam konteks pendidikan.

Item Type: Journal Article
Keywords: Kesiapan AI, Adopsi AI, kecerdasan buatan, penulisan teks akademik, perguruan tinggi
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Nurul Shofiah
Date Deposited: 10 Dec 2025 08:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item