Responsive Banner

Strategi Metakognitif dan Implikasinya dalam Penguasaan Membaca Teks Arab Mahasiswa PTKIN Jawa Timur

Hilmi, Danial ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1336-0190, Fatimah, Siti and Ratnasari, Kartika ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7027-7505 (2025) Strategi Metakognitif dan Implikasinya dalam Penguasaan Membaca Teks Arab Mahasiswa PTKIN Jawa Timur. Research Report. Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (LP2M). (Submitted)

[img] Text
Laporan Penelitian Upload.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi metakognitif dan implikasinya terhadap penguasaan membaca teks Arab pada mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Jawa Timur, khususnya di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Kyai Haji Ahmad Siddiq Jember. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya kesadaran metakognitif mahasiswa dalam memahami teks Arab, meskipun memiliki kemampuan membaca rata-rata tinggi, yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi seperti AI dan kurangnya strategi mandiri. Rumusan masalah mencakup deskripsi strategi metakognitif, tingkat penguasaan membaca, dan implikasinya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi metakognitif, menganalisis tingkat penguasaan, serta implikasi terhadap kemampuan membaca teks Arab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan instrumen MARSI-R (Metacognitive Awareness of Reading Strategies Inventory – Revised) dan pengamatan, melibatkan mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah maharah qira'ah. Hasil menunjukkan strategi metakognitif berada pada tingkat sedang (sinergitas 68,10%, dominan medium 67%), tingkat penguasaan membaca baik (rata-rata 76,46, dengan 61% pada kategori baik-sangat baik), dan implikasi positif sinergitas strategi dalam mengatasi hambatan pemahaman, meskipun belum optimal akibat variasi individu dan kurangnya pelatihan. Implikasi penelitian menekankan perlunya integrasi strategi metakognitif dalam kurikulum untuk meningkatkan kemandirian belajar, dengan rekomendasi pengembangan modul dan pendekatan personal bagi dosen

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Strategi metakognitif, penguasaan membaca teks Arab, mahasiswa PTKIN Jawa Timur, MARSI-R
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Siti Fatimah
Date Deposited: 11 Dec 2025 15:11

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item