Arianti, Putri Dwi and Mukti, Taufiq Satria (2025) Pengembangan X-Quest: The Balancing Game Berbasis Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Matematis Siswa. Research Report. Repository UIN Malang. (Unpublished)
|
Text
LAPORAN_HASIL_REKOGNISI_[2025] [DONE] (2) - Scan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji efektivitas X-
Quest: The Balancing Game, yaitu media manipulatif berbasis deep learning yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Pengembangan
dilakukan menggunakan model ADDIE, mencakup analisis kebutuhan,
perancangan komponen media (neraca utama, neraca persamaan, kartu misi, mineral, dan kalkulator X-Quest), validasi ahli, serta uji coba lapangan. Validitas media dinilai oleh tiga validator menggunakan Fleiss’ Kappa, menghasilkan nilai 0.612 dengan signifikansi p < .001, yang menunjukkan tingkat kesepakatan ahli
berada pada kategori fair to good, sehingga media dinyatakan layak digunakan. Implementasi pembelajaran dilakukan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X MA Almaarif Singosari dengan pemberian pre-test dan post-test kemampuan pengambilan keputusan matematis. Hasil analisis
menunjukkan adanya peningkatan capaian yang signifikan, dari rata-rata 19.6 (pre-test) menjadi 43.7 (post-test). Karena data tidak berdistribusi normal, digunakan Brunner–Munzel Test, menghasilkan nilai p < .001 yang menegaskan adanya perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media. Temuan ini menunjukkan bahwa X-Quest efektif memfasilitasi aktivitas eksplorasi, diskusi, dan
strategi kolaboratif yang mendorong proses deep learning, sehingga mampu meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan matematis siswa.
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | X-Quest, media manipulatif, deep learning, pengambilan keputusan matematis, SPLTV. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
| Depositing User: | Taufiq Satria Mukti |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:44 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric