Responsive Banner

Tanfidz Idarati Al-Jaudah Al-Syamilah Fi Ta'limi Al-Lughah Al-'Arabiyah Fi Al-Madrasah Al-Tsanawiyah Al-Islamiyah: Dirasah Halah Li Jaudah Al-Ta'lim

Shidiq, Fauzie Muhammad, Mubaligh, Ahmad and Fitriani, Laily (2025) Tanfidz Idarati Al-Jaudah Al-Syamilah Fi Ta'limi Al-Lughah Al-'Arabiyah Fi Al-Madrasah Al-Tsanawiyah Al-Islamiyah: Dirasah Halah Li Jaudah Al-Ta'lim. NASKHI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 7 (1). pp. 52-67. ISSN 2527-5747

[img]
Preview
Text
25948.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (674kB) | Preview

Abstract

Manajemen mutu terpadu adalah pendekatan filosofis yang berorientasi pada kepuasan pelanggan melalui perbaikan berkelanjutan. Dalam konteks pembelajaran bahasa Arab, implementasi manajemen mutu terpadu memberikan arahan yang lebih jelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui implementasi manajemen mutu terpadu dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah aliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang berfokus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana, yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang menunjukkan konsep Total Quality Management (TQM) dalam pembelajaran bahasa Arab meliputi beberapa langkah, yaitu: (1) Penentuan standar mutu, pengembangan kurikulum, serta melakukan perencanaan dan penilaian pembelajaran. (2) Perubahan budaya dan organisasi madrasah dilakukan dengan menciptakan lingkungan belajar aktif, inovatif, serta kolaboratif. (3) Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan memelihara hubungan dengan komite dan instansi serta melaporkan informasi melalui media sosial. (4) Perubahan berkelanjutan melalui rapat bulanan, peningkatan kompetensi guru, dan supervisi akademik. Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah Aliyah

Item Type: Journal Article
Keywords: Manajemen Mutu Terpadu, Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah Aliyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Laily Fitriani
Date Deposited: 12 Dec 2025 13:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item