Mulloh, Tamim
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6714-6181
(2025)
Integrasi hafalan mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab: Upaya meningkatkan literasi teks Arab siswa MA Al-Ittihad Malang.
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/viewFile/37266/12572.
ISSN 1693-508 X
|
Text
jurnal sinta 03 2025 sip.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mengintegrasikan Hafalan Kosakata
(MUFRODAT) melalui metode Mahfudzat dalam pembelajaran bahasa Arab tentang
meningkatkan literasi teks Arab siswa di Ma al-Iltihad Malang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data
termasuk pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasilnya
menunjukkan bahwa metode Mahfudzat memiliki dampak positif pada retensi kosa kata
siswa, minat untuk belajar bahasa Arab, dan pemahaman tentang struktur dan makna
teks. Siswa merasa lebih mudah untuk menghafal kosa kata ketika disajikan dalam
kalimat yang bermakna dan berirama. Selain itu, guru menerapkan berbagai strategi
pembelajaran untuk mengakomodasi kemampuan siswa yang berbeda. Tantangan
seperti waktu terbatas dan perbedaan dalam kapasitas menghafal ditangani melalui
pembelajaran bertahap dan kegiatan kelompok. Dengan demikian, integrasi metode
Mahfudzat terbukti efektif secara signifikan Meningkatkan Literasi Teks Arab Siswa.
| Item Type: | Journal Article |
|---|---|
| Keywords: | Mufrodat, Mahfudzot; Literasi Teks Arab; Pembelajaran Bahasa Arab. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters |
| Depositing User: | Tamim Mulloh |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 09:47 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric