Responsive Banner

Akademik prompting: Penggunaan AI sebagai instrumen efisiensi pelaksanaan tugas guru di madrasah (sertifikat hak cipta)

HAKI. Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia (2025) Akademik prompting: Penggunaan AI sebagai instrumen efisiensi pelaksanaan tugas guru di madrasah (sertifikat hak cipta). EC002025195599.

[img] Text
HAKI. Akademik Promting.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
HAMIM. Draf untuk HAKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan meningkatkan efisiensi pelaksanaan tugas guru di Madrasah Diniah Gunung Pandak melalui penguatan keterampilan akademik prompting meggunakan kecerdasan buatan yang berlandaskan nilai pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah Metode PAR, yaitu penelitian pengabdian dengan tindakan partisipatif melalui tahapan pemetaan kebutuhan, pendalaman konteks, perancangan modul dan skenario pelatihan, pelaksanaan dua kali pelatihan tatap muka disertai praktik menyusun perintah untuk sistem kecerdasan buatan, serta refleksi bersama mengenai dampak dan keberlanjutan program. Kegiatan menghasilkan modul optimalisasi prompting untuk guru madrasah, contoh perangkat pembelajaran dan penilaian berbantuan kecerdasan buatan, serta terbentuknya komunitas awal guru yang saling berbagi praktik dan saling mengoreksi konten. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman konsep, kepercayaan diri, dan kerapian dokumentasi pembelajaran, meskipun masih terdapat keterbatasan sarana dan kebutuhan kebijakan kelembagaan. Disimpulkan bahwa kombinasi penelitian tindakan partisipatif dan modul kontekstual mampu menjadi katalis perubahan praktik pembelajaran yang lebih efisien, etis, dan berkelanjutan di lingkungan madrasah.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Academic prompting; Islamic education; Artificial Intelligence; madrasah teachers
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Hamim Hamim
Date Deposited: 15 Dec 2025 10:24

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item