Responsive Banner

Analisis Brand Image Terhadap Tren Pendaftar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berdasarkan Hasil Forecasting Dengan Metode Eksponensial Smoothing: Studi Kasus : Di UIN Malang, UIN Yogyakarta dan UIN Surabaya

Arifa, Laily Nur ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7478-6996, Sari, Sulistya Umie Ruhmana and Hasanah, Siti Ma’rifatul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2169-9140 Analisis Brand Image Terhadap Tren Pendaftar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berdasarkan Hasil Forecasting Dengan Metode Eksponensial Smoothing: Studi Kasus : Di UIN Malang, UIN Yogyakarta dan UIN Surabaya. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (In Press)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN__merged_organized_compressed_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman holistik mengenai tren penurunan pendaftar dan relevansi brand image dalam menghadapi fenomena tersebut, serta menyusun rekomendasi strategis yang dapat diimplementasikan oleh PTKIN dan pemangku kebijakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
mix methode. Pendekatan kuantitatif dengan metode exponensial smoothing dan pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang akurat dan relevan. Penelitian dilaksanakan di UIN Malang, UIN Yogyakarta dan UIN Surabaya. Hasil penelitian berdasarkan metode exponential smoothing menunjukkan bahwa ketiga UIN secara umum mengalami penurunan jumlah pendaftar dalam lima tahun ke depan (2026– 2030) dengan kecenderungan penurunan di enam prodi yang dijadikan sampel, yakni Bahasa dan Sastra Arab, Pendidikan Agama Islam, Psikologi, Ilmu al-Quran dan Tafsir, Teknik Arsitektur dan Matematika. Ketiga proyeksi ini menegaskan bahwa dalam lima tahun mendatang ketiga PTKIN tidak berada pada jalur pertumbuhan, melainkan stabil - menurun. Adapun hasil survei menunjukkan bahwa persepsi publik terhadap brand image ketiga UIN berada pada kategori positif. Brand awareness kuat (3,25), begitu pula perceived quality (3,22–3,29), brand association (3,37–3,40), serta institional reputation (3,23–3,31), value congruence juga tinggi (3,25–3,37), namun loyal intention masih moderat (2,68) meskipun kecenderungan merekomendasikan kampus cukup tinggi (3,19). Kombinasi antara citra yang positif dan tren pendaftar yang menurun menunjukkan bahwa ketiga UIN memiliki masalah konversi, bahwa persepsi baik belum menghasilkan keputusan memilih. Keputusan PMB direkomendasikan mengadopsi pendekatan strategic enrollment management yang lebih terintegrasi, meliputi penguatan tata kelola Admisi–Humas–BAK, reposisi segmentasi dari fokus santri menuju
segmen SMA umum yang religius-moderat dan berorientasi karier, penggunaan hasil forecast sebagai dasar perencanaan target, prioritas wilayah promosi, dan penguatan prodi dengan risiko penurunan peminat. Hasil analisis brand image berfungsi sebagai alarm system sekaligus strategic compass bagi pengambilan keputusan PMB, sehingga setiap kampus dapat merancang intervensi terarah.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Brand Image, Tren Pendaftar, Forecasting, Eksponensial Smoothing
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Sulistya Umie
Date Deposited: 21 Dec 2025 20:26

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item