Pemikiran Tokoh Ilmu dan Konsep Manajemen: Sebuah Kajian dan Rekontruksi Kritis Manajemen Dalam Konteks Islam

Slamet, Slamet (2015) Pemikiran Tokoh Ilmu dan Konsep Manajemen: Sebuah Kajian dan Rekontruksi Kritis Manajemen Dalam Konteks Islam. Research Report. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img] Text (Full text laporan penelitian)
Dok16-Pemikiran-Manajemen.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Ilmu dalam Islam merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia dan harus dipelajari serta dimiliki oleh umat manusia. Ilmu manajemen bagian dari ilmu yang ada dimuka bumi ini yang harus dipelajari oleh manusia, tidak terkecuali umat Islam sekalipun. Ilmu manajemen yang ada saat ini, syarat dengan ungkapan dan makna serta ideologi sekuler yang dapat membimbing manusia lalai dengan tujuan hidupnya. Dalam kontek Islam, ilmu manajemen harus mengandung nilai dan prinsip Islam yang mampu membimbing manusia ke arah yang selaras konsep keberadaan manusia itu sendiri. Secara eksplisit, ilmu manajemen konvensional, secara tegas tidak mengandung ungkapan dan makna yang selaras dengan nilai dan prinsip Islam. Ungkapan ini sangat penting karena manusia bersikap dan bertindak selalu dibina dan dibimbing oleh suatu bentuk ilmu pengetahuan. Tetapi, secara implisit, ilmu manajemen konvensional yang konon dicetuskan Barat, sudah menggambarkan konsep manajemen yang dikembangkan Rasulullah SAW. Meskipun istilah dan ungkapan yang digunakan tidak selaras dengan Islam, tetapi dari isi makna sudah sesuai dengan nilai dan prinsip manajemen dalam kontek Islam, diantaranya produktivitas, mensejahterahkan orang lain (karyawan), adanya sistem reward and punishment, menekankan efektifitas dan efisiensi, pekerja harus berilmu, menekankan tanggungjawab, pentingnya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, melibatkan karyawan, disiplin, adanya standar, dan menekankan standar moral dan etika dalam organisasi.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 04 Mar 2016 03:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item