Wahidmurni, Wahidmurni (2018) Pengembangan penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTs). Presented at Workshop Pengembangan Penilaian Kurikulum 13 Bagi Guru-Guru Madrasah Aliyah Negeri Batu, 13 Juli 2018, Madrasah Aliyah Negeri Batu. (Unpublished)
|
Text (full text)
3684.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (470kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis dan kreatif merupakan kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Kemampuan berpikir semacam ini sangat dibutuhkan bagi siswa dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Untuk itu, kegiatan pembelajaran perlu dirancang dan dilaksanakan dengan memfasilitasi siswa untuk mengalami aktivitas berpikir semacam ini atau yang sering dikatakan sebagai bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk memastikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dimiliki oleh siswa, maka kemampuan guru untuk menyusun soal-soal yang mengukur aspek tersebut menjadi faktor penentu ketercapaian tujuan ini. Prasyarat bagi guru adalah harus memiliki kemampuan memahami tingkatan aspek kognitif berikut penjabaran KKO dalam indikator pencapaian kompetensi, serta membuktikannya dalam menyusun instrumen tes, utamanya dalam bentuk soal-soal yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi/soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
Item Type: | Seminar and Workshop |
---|---|
Keywords: | higher order thinking skills; HOTs; penilaian; pengukuran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Faizuddin Harliansyah |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 13:04 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |