Pengembangan penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTs)

Wahidmurni, Wahidmurni (2018) Pengembangan penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTs). Presented at Workshop Pengembangan Penilaian Kurikulum 13 Bagi Guru-Guru Madrasah Aliyah Negeri Batu, 13 Juli 2018, Madrasah Aliyah Negeri Batu. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (full text)
3684.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (470kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan kreatif merupakan kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Kemampuan berpikir semacam ini sangat dibutuhkan bagi siswa dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Untuk itu, kegiatan pembelajaran perlu dirancang dan dilaksanakan dengan memfasilitasi siswa untuk mengalami aktivitas berpikir semacam ini atau yang sering dikatakan sebagai bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk memastikan kemampuan berpikir tingkat tinggi dimiliki oleh siswa, maka kemampuan guru untuk menyusun soal-soal yang mengukur aspek tersebut menjadi faktor penentu ketercapaian tujuan ini. Prasyarat bagi guru adalah harus memiliki kemampuan memahami tingkatan aspek kognitif berikut penjabaran KKO dalam indikator pencapaian kompetensi, serta membuktikannya dalam menyusun instrumen tes, utamanya dalam bentuk soal-soal yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi/soal-soal HOTS (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Item Type: Seminar and Workshop
Keywords: higher order thinking skills; HOTs; penilaian; pengukuran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item