Metode belajar menurut Az-Zarnuji dan relevansinya dengan konsep manajemen berbasis sekolah: Kajian kitab Ta’lim al-Muta’allim

Zainuddin, M ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3602-6152 (2007) Metode belajar menurut Az-Zarnuji dan relevansinya dengan konsep manajemen berbasis sekolah: Kajian kitab Ta’lim al-Muta’allim. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img] Text (Full text)
zarnuji.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa Al-Zarnuji memandang pendidikan bukan semata-mata bersifat eskatologis, tetapi juga bersifat profan-duniawi. Karena menurutnya, manusia wajib mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan berbagai pekerjaan atau kariernya, dengan catatan pekerjaan yang dilakukan tidak lupa memperhatikan nilai-nilai kebenaran dan etiknya.

Konsep belajar dan pembelajaran yang ditulis oleh Al-Zarnuji dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim merupakan kitab bimbingan pembelajaran bagi peserta didik yang bercorak perenialis-humanistik.

Jika dicermati secara mendalam, kitab Ta‘lîm al-Muta‘allim karya alZarnuji, merupakan karya bimbingan belajar yang sangat mempertimbangkan aspek nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu, dalam era modern dan kontemporer saat ini, di mana nilai-nilai kemanusiaan dalam pendidikan saudah tidak lagi menjadi pehatian banyak orang, maka karya Al-Zarnuji ini masih sangat relevan dan perlu mendapatkan perhatian dalam dunia pendidikan.

Sebagai penutup penulis dapat memberi catatan bahwa sebenarnya kitab Ta‘lîm al-Muta‘allim karya al-Zarnuji, merupakan buku yang relatif bagus dalam konteks bimbingan belajar. Penulis melihat buku tersebut seperti buku-buku psikologi dan bimbingan belajar. Hanya saja mempelajari kitab tersebut harus disertai dengan pemahaman yang mendalam dan kritis, karena belum tentu apa yang dikonsepsikan oleh al-Zarnuji sepenuhnya dapat pula dipahami saat ini.

Maka jika kitab ini tetap dikaji di pesantren atau madrasah-madrasah diniyah, sebaiknya diajarkan oleh seorang guru yang mempunyai pemahaman mendalam mengenai bimbingan belajar, sehingga bila menemui gagasan yang dianggap kurang relevan dengan zaman sekarang, bisa dilakukan reinterpretasi atau merefleksikan di mana Al-Zarnuji hidup, atau memberikan pemahaman yang mendasar terkait dengan substansi nilainya. Bahkan karya ini seyogyanya digunakan di sekolah-sekolah umum, sebagai materi bimbingan belajar dan etika, baik yang berhubungan dengan guru dan murid, atau hubungan antar keduanya.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 04 May 2016 12:10

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item