Identifikasi kemampuan penalaran ilmiah (cientific explanation) Mahasiswa PGMI peminatan IPA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Amelia, Rizki and Ningrum, Dian Eka Aprilia Fitria (2019) Identifikasi kemampuan penalaran ilmiah (cientific explanation) Mahasiswa PGMI peminatan IPA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Presented at Seminar Nasional Pendidikan: Studi Kajian Kurikulum, Pelaksanaan, dan Evaluasi, 2 July 2019, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
5442.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran ilmiah dalam sains terdiri dari penjelasan fakta-fakta yang ada dalam suatu permasalahan (claim), menghubungkan fakta-fakta tersebut dengan konsep-konsep yang berkaitan (evidence), dan penjelasan permasalahan secara ilmiah (reasoning). Kemampuan penalaran ilmiah merupakan kemampuan yang krusial dalam pribadi seorang calon guru. Kemampuan penalaran ilmiah diharapkan dapat diajarkan di kelas sebagai bekal siswa menghadapi tantangan globalisasi. Kemampuan penalaran ilmiah siswa sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang dapat melatihkan kemampuan penalaran siswa. Dengan demikian, kemampuan penalaran ilmiah seorang calon guru harus baik, agar dapat melatihkan kemampuan penalaran ilmiah pada siswa. Kemampuan penalaran ilmiah mahasiswa peminatan IPA PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang belum diketahui. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan penalaran ilmiah mahasiswa. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian mahasiswa PGMI peminatan IPA dengan jumlah 35 orang. Instrumen pengukuran kemampuan penalaran ilmiah terdiri dari 10 soal pilihan ganda beralasan (two tier) yang dibuat dalam bentuk online melalui google form. Hasil pengukuran kemampuan penalaran ilmiah mahasiswa menunjukkan 9% mahasiswa memiliki kemampuan penalaran ilmiah baik, yakni dalam membuat claim, evidence, hinggga reasoning; mahasiswa yang hanya mampu sampai tahap membuat evidence sebesar 57%; dan mahasiswa yang mampu membuat claim saja sebesar 77%.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: Kemampuan penalaran ilmiah; sains; mahasiswa PGMI.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Rizki Amelia
Date Deposited: 06 May 2020 15:49

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item