Metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai: Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Madura

Bariyah, Khoirul and Muassomah, Muassomah ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0177-8896 (2019) Metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai: Inovasi Pembelajaran Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Madura. Jurnal Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4 (1). pp. 1-34. ISSN ISSN (Print): 2541-4402 ISSN (Online): 2541-4410

[img]
Preview
Text
5636.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (608kB) | Preview

Abstract

Maharah kalam (Keterampilan berbicara) adalah kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan pikiran berupa ide, pendapat, keinginan, atau perasaan secara lisan kepada mitra pembicara. Maharah kalam dalam konteks Bahasa arab merupakan salah satu keterampilan yang menjadi dasar utama dalam Bahasa Arab, sehingga mahasiswa wajib menguasainya. Namun, sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam berbicara Bahasa Arab yang mayoritas disebabkan oleh faktor ketidak percayaan diri mereka dalam berbicara Bahasa arab, kurangnya penguasaan mufrodat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagai pengajar harus menguasai berbagai metode dan menggunakan beberapa metode agar pembelajaran menjadi efektif, salah satunya menggunakan metode Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai atau dikenal dengan metode story telling menggunakan media gambar seri. Yang mana metode tersebut yaitu metode yang mendiskripsikan atau menceritakan gambar yang telah di susun dari gambar yang di acak. dan sesuai dengan observasi yang dilakukan oleh peneliti, bahwa dengan metode dan media ynag diterapkan oleh peneliti terhadap mahasiswa semester III Jurusan Pendidikan Bahasa Aarab di IAIN Madura dapat meningkatkan ketrampilan berbicara dan meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran maharaha kalam.

Item Type: Journal Article
Keywords: Speaking Skill, Ta’bir Ash-Shuwar Al-‘Asywai Method, Learning Process
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Muassomah Muassomah
Date Deposited: 27 Nov 2020 00:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item