Model pembelajaran Ilmu Sharaf dengan menggunakan metode Inquiry dan metode Snowball Tashrif

Naseha, Siti Durotun and Muassomah, Muassomah (2019) Model pembelajaran Ilmu Sharaf dengan menggunakan metode Inquiry dan metode Snowball Tashrif. Alfazuna : Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3 (1). pp. 105-122. ISSN 2541-4410, 2541-4402

[img]
Preview
Text
5638.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (937kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapan belajar Sharaf mahasiswa setelah menggunakan model Inquiry dengan metode Snowball Tashrif. Penelitian dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang di jurusan Pendidikan Bahasa Arab kelas BK angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian mengunakan lembar observasi keterlaksanaan. Hasil penelitian ini adalah proses yang ada pada siklus 1 dan 2 diperoleh hasil yakni 45,5% ke 81,8% yakni paham materi lalu dari 36,4% ke 13,6% yakni belum paham materi da yakng terakhir 18,1% ke 4,6% yakni tidak mengerti materi. Dapat disimpulkan implikasi dari metode Inquiry bahwasanya mahasiswa hasilnya meningkat dan telah terbiasa untuk berpikir ktitis terkait sub materi pembelajaran sharaf. Dan untuk metode Snowball Tashrif membuat mahasiswa semakin terampil dan cermat, dengan usaha mereka sendiri maupun melalui pembelajaran kelompok, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry dengan metode Snowball Tashrif baik digunakan dalam pembelajaran Sharaf.

ENGLISH:

The aim of this study is to apply Sharaf learning to students after using the Inquiry model with Tashrif Snowball method. The study was conducted at Department of Arabic Education in UIN Malang. This study used quantitative and qualitative methods with the Classroom Action Research / PTK approach. The data collection process used the method of observation, interviews, and documentation. The research instrument used the observation sheet of accomplishment. The results of this study the feasibility of seeing from the processes in cycles 1 and 2 and the results are; 45.5% to 81.8% understand the material, then from 36.4% to 13.6% do not understand the material yet and 18.1% to 4.6% do not understand the material. In conclusion, the implication of the Inquiry method is students' results have improved and have become accustomed to thinking critically about the sub- material of sharaf learning. In addition. It can be concluded that the inquiry learning model with the Snowball Tashrif method is good to be applied in Sharaf learning.

Item Type: Journal Article
Keywords: Sharaf science; Inquiry method; Snowball Tashrif method
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology)
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Muassomah Muassomah
Date Deposited: 10 May 2020 00:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item