Analisis Deskripsi Tingkat Kebutuhan Fasilitas Terminal Purwoasri Kediri

Sedayu, Agung (2014) Analisis Deskripsi Tingkat Kebutuhan Fasilitas Terminal Purwoasri Kediri. Presented at Seminar Nasional Lustrum Arsitektur 2, 29 Oktober 2014, Malang.

[img]
Preview
Text
19.ANALISIS DESKRIPSI TINGKAT KEBUTUHAN FASILITAS TERMINAL PURWOASRI KEDIRI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (356kB) | Preview

Abstract

Terminal Purwoasri sebagai fasilitas publik memiliki peranan yang sangat penting dalam melayani kebutuhan masyarakat di sektor transportasi. Jika dilihat dari posisi dan lokasinya, terminal ini sangat strategis dan memiliki peran vital sebagai node alih moda angkutan umum di wilayah kabupaten Kediri dan Propinsi Jawa Timur. Terminal Purwoasri termasuk tipe B yang melayani transportasi umum dengan akses jalan nasional rute Surabaya-Yogyakarta. Saat ini kondisi fisik terminal ini sangat memprihatinkan baik dari tinjauan arsitektural fasilitas maupun fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan indikator kinerja fasilitas utama maupun penunjang terminal Purwoasri. Penelitian ini juga menyampaikan faktor tata ruang kewilayahan terminal dalam Rencana Tata Ruang Kabupaten Kediri terhadap kinerja terminal, sebab penempatan lokasi dan posisi terminal ditunjang dan dipengaruhi oleh tata ruang yang melingkupi terminal tersebut. Metode yang digunakan adalah dokumentasi data, observasi lapangan, dan wawancara terhadap pengguna angkutan umum di terminal Purwoasri. Metode analisis dengan cara analisis statistik deskriptif menggunakan program SPSS 18. Hasil survei pendahuluan mendapatkan sepuluh indikator utama kinerja terminal, dimana ketersediaan terminal dibutuhkan bagi pengguna. Survei lanjutan memperoleh 50 indikator kinerja, dimana keindahan ruang tunggu yang sangat penting bagi pengguna. Hasil penelitian tersebut menggambarkan kondisi dan kinerja terminal Purwoasri yang perlu mendapat perbaikan dan peningkatan oleh pihak pengelola terminal

Item Type: Seminar and Workshop
Keywords: tingkat kebutuhan; fasilitas; terminal
Subjects: 09 ENGINEERING > 0905 Civil Engineering > 090505 Infrastructure Engineering and Asset Management
09 ENGINEERING > 0905 Civil Engineering > 090507 Transport Engineering
12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120104 Architectural Science and Technology (incl. Acoustics, Lighting, Structure and Ecologically Sustainable Design)
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Users 292 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 10:24

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item