Pengaruh storytelling terhadap theory of mind anak usia prasekolah

Solichah, Novia (2018) Pengaruh storytelling terhadap theory of mind anak usia prasekolah. Masters thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf - Accepted Version

Download (621kB) | Preview
Full text available at: http://repository.unair.ac.id/78050/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah storytelling memiliki pengaruh terhadap kemampuan Theory of Mind pada anak usia prasekolah. Pada dasarnya anak-anak usia prasekolah mulai menyadari bahwa setiap individu memiliki pikiran, perasaan, keinginan, dan kondisi-kondisi mental lain yang berbeda dengan dirinya. Kesadaran inilah yang dikenal dengan istilah Theory of Mind. Theory of Mind merupakan hal yang penting dalam perkembangan anak usia dini supaya anak dapat memahami diri dan juga orang lain. Kemampuan ini sebagai dasar seorang anak untuk mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya. Storytelling merupakan kegiatan yang berlandaskan pada perkembangan bahasa, dimana bahasa merupakan salah satu prediktor yang baik untuk melihat perkembangan Theory of Mind (Farrar & Maag, 2002). Fernandez (2011) menemukan adanya hubungan antara Theory of Mind (ToM) dan kemampuan bahasa pragmatik melalui storytelling untuk anak usia prasekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 anak yang berusia 4-5 tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, di mana peneliti mengukur kemampuan Theory of Mind sebelum dan sesudah intervensi dilakukan. Peneliti menggunakan skala Theory of Mind yang telah diadaptasi oleh Puteri (2014) dari Wellman & Liu (2004) untuk mengukur theory of mind. Storytelling dilakukan setiap hari kepada anak selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa storytelling cukup berpengaruh terhadap kemampuan Theory of Mind dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 Serta effect size sebesar 0,63

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: theory of mind; storytelling; anak usia prasekolah
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Novia Solichah
Date Deposited: 09 Jun 2020 21:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item