Keaktifan siswa dalam pembelajaran geografi dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching

Sari, Ulfi Andrian (2020) Keaktifan siswa dalam pembelajaran geografi dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5 (1). pp. 60-67. ISSN 2528-6293

[img]
Preview
Text
6597-18116-1-PB.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keaktifan siswa dalam pembelajaran geografi mengunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Subyek penelitain siswa SMAN 1 Kademangan kelas X.6. Jumlah subyek penelitian 30 Siswa. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dengan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian keaktifan siswa dalam pembelajaran geografi untuk indikator visual activitie sebesar 86% termasuk kategori baik, writing activities sebesar 95% termasuk kategori sangat baik, oral activities sebesar 83% termasuk kategori baik, mental activities sebesar 82% termasuk kategori baik, listening activities sebesar 67% termasuk kategori cukup dan emotional activities sebesar 90% termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Journal Article
Keywords: keaktifan siswa; reciprocal teaching
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Ulfi Andrian Sari
Date Deposited: 28 Jul 2020 09:30

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item