Lancar Berbahasa Arab

Zuhdy, Halimi (2010) Lancar Berbahasa Arab. UIN Press. ISBN 978-602-958-498-2

This is the latest version of this item.

[img] Image
cover lancar bahasa arab n.jpg

Download (38kB)

Abstract

Buku “Lancar Berbicara Bahasa Arab” dari seri pembelajaran bahasa Arab Ainul Arab telah terbit dua tahun silam, tepatnya tahun 2011. Alhamdulillah mendapatkan respon luar biasa dari berbagai pesantren, madrasah dan perguruan tinggi, kini penulis berusaha menghadirkan kembali buku yang mulai habis di pasaran. Karena banyaknya permintaan dari berbagai pesantren untuk dijadikan buku khusus dalam pembelajaran maharah kalam. Sebelumnya penulis telah menerbitkan buku Bi’ah Lugawiyah (tentang lingkungan berbahasa), bagaimana pesantren atau lembaga dapat menciptakan lingkungan berbahasa dengan baik sehingga dapat mendukung percepatan belajar bahasa Arab, dan buku yang ada dihadapan saudara ini adalah bentuk usaha menciptakan lingkungan berbahasa Arab. Selain dapat digunakan sebagai buku panduan oleh instruktur bahasa, juga dapat digunakan sendiri oleh pembelajar yang ingin belajar secara mandiri dengan mengikuti instruksi buku ini.
Buku ini, adalah buku dari Silsilah Ta’lim al-Lungah al-Arabiyah Ainul Arab yang pertama, dan ditekankan pada maharah Kalam (Lancar Berbasaha Arab), seri kedua kaidah nahwu dan seri ketiga Pintar Menulis Arab. Penulis telah menyelesaikan beberapa buku seri tersebut, di antaranya Qathratul Aqlam Ghazarotul Ahlam, sebuah buku yang menuntut pembelajar bahasa Arab untuk bisa menulis dengan kreatif. Dan beberapa buku liaghrad khassah (buku dengan tujuan khusus) yang juga dipersiapkan penulis seperti Al-Arabiyah Li Shihafah, Al-arabiyah Li Shiyahah, Al-Arabiyah Li Hajj, Al-Arabiyah li Al’mal.
Buku yang ada dihadapan anda ini adalah seri pertama yang khusus disajikan pada pembelajar yang ingin cepat dan mudah berbicara bahasa Arab, dan di dalamnya tidak terlalu banyak menyajikan kosa kata (mufrodat) tapi ungkapan-ungkapan yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, dengan ungkapan tersebut pembelajar bahasa Arab dimungkinkan lebih cepat penguasaannya, yang kemudian diprekatekkan dalam kegiatan sehari-hari. Dan penulis sengaja tidak menyajikan kaidah-kaidah nahwu atau sharaf, yang bagi pemula akan sangat menyulitkan, maka buku ini menekankan pada penghafalan ungkapan dan kemudian mempraktekannya.
Dengan kehadiran buku ini, mudah-mudahan menambah keinginan siswa atau mahasiswa untuk memperdalam bahasa Arab terutama dalam berbicara, dan semakin mempermudah untuk menguasainya serta mampu berkomunikasi dalam kegiatan sehari-hari.

Item Type: Book
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Halimi Zuhdy Zuhdy
Date Deposited: 22 Jul 2016 05:47

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item