Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA

Supriyatno, Triyo and Lestari, Diah Ayu and Utami, Ulfa (2020) Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA. Madrasah, 12 (2). ISSN 1975-5599 (Submitted)

[img] Text
6002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB) | Request a copy

Abstract

Dalam pencapaian kompetensi inti dua dan tiga dalam pembelajaran IPA yakni sikap ilmiah siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan mendayagunakan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA, perlu adanya penelitian tentang efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan ketrampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa dan menganalisis efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Serang yang berjumlah 51 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, observasi dan tes. Data dikumpul dari pretest dan postest dari sikap ilmiah dan berpikir kritis siswa serta dokumentasi dan observasi kegiatan pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas control dan kelas eksperimen. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t dan uji effect size cohen’s dengan bantuan komputer program statistical package for the social sciences (SPSS) 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran model inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan model konvensional. Sikap ilmiah dengan indikator rasa ingin tahu berkategori baik dan 9 indikator lainnya berkategori baik sekali di kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini menyatakan terdapat efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas.

Item Type: Journal Article
Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: PROF.DR. Triyo Supriyatno
Date Deposited: 17 Jun 2020 23:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item