Rekonstruksi pengembangan kurikulum pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal mayarakat desa untuk perguruan tinggi (studi pada Desa Banuroja Gorontalo, Desa Balun Lamongan dan PSP UGM)

Mohammad, Asrori, Muttaqin, Muhammad Imamul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1559-5604, Wahyuningtyas, Dessy Putri and Prasetyo, Angga Teguh (2019) Rekonstruksi pengembangan kurikulum pendidikan multikultural berbasis kearifan lokal mayarakat desa untuk perguruan tinggi (studi pada Desa Banuroja Gorontalo, Desa Balun Lamongan dan PSP UGM). Research Report. LP2M, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
6079.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Multikulturalisme telah menjadi kajian hangat di berbagai forum diskusi, seminar, opini media massa dan juga menjadi materi berbagai pendidikan dan pelatihan. Multikulturalisme memberikan pengandaian akan adanya pengakuan terhadap semua entitas budaya dan agama dalam satu tatanan sosial untuk hidup bersama. Dalam hal ini multikulturalisme meniscayakan keragaman dan pluralitas. Sebenamya, multikulturalisme dan pluralisme mcmiliki prinsip yang sama. Konteksnya adalah wacana publik, konsep multikulturalisme nampaknya lebih bisa diterima daripada pluralisme. Konsep pluralisme menimbulkan banyak resistensi bagi kalangan agamawan dan lembaga agama konservatif. Hal ini dikarenakan konsep tersebut cenderung disalahartikan sebagai pencampuran agama-agama dan watak liberalnya. Sebenamya, pluralisme memiliki pretensi untuk membangun kesadaran publik untuk menghormati dan memberi kebebasan atas hak-hak individu dalam dalam berekspresi dan menjalankan keyakinannya. Pluralisme menghadirkan semangat yang dimunculkan dari liberalisme. Sementara itu, multikulturalisme dibangun atas kesadaran kolektif sebuah komunitas yang mengarah pada pembentukan masyarakat madani yang multi etnik, multi budaya, multi agama yang dinaungi dalam negara hukum yang berkeadilan. Semangat yang muncul dalam multikulturalisme adalah toleransi dalam bingkai masyarakat majemuk.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Mohammad Asrori Alfa
Date Deposited: 24 Jun 2020 18:17

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item