Ragam aplikasi learning management system (LMS) pembelajaran bahasa Arab model blended learning di era revolusi industri 4.0

Taufiqurrochman, R Ragam aplikasi learning management system (LMS) pembelajaran bahasa Arab model blended learning di era revolusi industri 4.0. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M). (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Laporan Riset Aplikasi LMS 2019 - AKHIR OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di era revolusi industri 4.0, perkembangan aplikasi Learning Management System (LMS) semakin pesat. Model blended learning diyakini menjadi solusi pembelajaran 4.0 karena merupakan kombinasi antara model konvensional dan e-learning. Semangat integrasi ini sesuai dengan visi-misi lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Penelitian ini mengeksplorasi dan memetakan ragam aplikasi LMS beserta fitur-fiturnya dengan pendekatan Qualitative Weight and Sum (QWS) agar diketahui ragam platform LMS yang sesuai (compatible) dengan pembelajaran bahasa Arab 4.0 sebagai trend baru. Hasilnya, pertama, dari sisi hosting, tipologi aplikasi LMS terbagi menjadi dua macam; self hosting dan vendor hosting. Dari aspek fungsional, semua aplikasi LMS, baik yang berbayar maupun gratis, potensial sebagai media bantu dalam proses pembelajaran. Kedua, fitur-fitur aplikasi LMS cukup menunjang proses pembelajaran. Paling tidak, ditemukan ada 8 fitur standar dalam aplikasi LMS, yaitu: communication tools, cource, assessment of test, management of user data, administration, learning object, security, dan usability. Ketiga, berdasarkan penilaian dari 100 responden, diketahui ada 10 aplikasi LMS paling populer, yaitu: Google Classroom, Edmodo, Schology, ClassDojo, Kelase, Track CC, Kelas Kita, Geschool. Class123, dan Eckovation. Dari 10 aplikasi ini, yang sering digunakan adalah Google Classroom. Menurut pengguna (user), tiga aplikasi terbaik adalah Edmodo, Schoology, dan Geschool. Ketiga aplikasi ini sejak awal telah didesain untuk pembelajaran dan hingga kini masih eksis dan terus dikembangkan. Namun, berdasarkan hasil penilaian user pada Google Play, tiga aplikasi terbaik adalah Google Classroom, Edmodo, dan ClassDojo. Sedangkan aplikasi buatan Indonesia (Kelase, Kelas Kita, Geschool) belum mampu bersaing karena masih diunduh kurang dari 1 juta kali. Menurut responden, fitur dalam aplikasi LMS sudah mendukung pembelajaran bahasa Arab karena dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan berbahasa dan unsur bahasa.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Learning management system; blended learning; pembelajaran Bahasa Arab; era revolusi industri 4.0
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Taufiqurrochman R.
Date Deposited: 01 Jul 2020 15:34

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item