Analisis perkembangan sosial emosional anak usia dini pada permainan tradisional

Mukhlis, Akhmad and Mbelo, Furkanawati Handani (2019) Analisis perkembangan sosial emosional anak usia dini pada permainan tradisional. Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1 (1). pp. 11-28. ISSN 2715-3622

[img]
Preview
Text
Jurnal ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (295kB) | Preview
Full text available at: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/prescho...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui permainan tradisional. Indikator inti pembelajaran sosial emosional dari Collaborative for Academic Social and Emotional Learning (CASEL) digunakan untuk menganalisis perkembangan sosial emosional, yaitu pengenalan diri (self-awareness), manajemen diri (self-management), pengenalan sosial (self-awareness), keterampilan membangun hubungan (relationship skill) dan pengambilan keputusan yang bertanggungjawab (responsible decition-making). Pendekatan kualitatif jenis studi kasus (case study) tunggal instrumental dipilih peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian. Penelitian dilakukan dalam setting alamiah di KB/RA Syihabuddin Malang. Penggalian data dilakukan tanpa memberikan intervensi menggunakan tiga metode utama, yaitu observasi mendalam, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima indikator inti peembelajaran sosial emosional terlihat dalam aktivitas kelima permainan tradisional yang diterapkan di lokasi penelitian, yaitu permainan meong-meongan, dolip, cina buta, ular naga dan balap karung. Pemberian supervisi dan pembangunan komitmen sebelum permainan merupakan kata kunci munculnya perilaku yang mencerminkan aspek pembelajaran sosial emosional pada anak usia dini.

Item Type: Journal Article
Keywords: perkembangan sosial emosional; permainan tradisional; studi kasus; anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Akhmad Mukhlis
Date Deposited: 15 Jul 2020 07:26

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item