Pengembangan lembar kerja siswa berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep daur hidup hewan

Wijianti, Wijianti and Wahidmurni, Wahidmurni (2020) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep daur hidup hewan. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 13 (1). pp. 15-25. ISSN 2502-194X

[img]
Preview
Text
6313.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (329kB) | Preview
Full text available at: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasa...

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidiyah, mencakup: mendeskripsikan spesifikasi produk, menjelaskan tingkat kemenarikan produk, dan menjelaskan perbedaan tingkat pemahaman konsep siswa dari yang belajar dengan menggunakan LKS dan tidak menggunakan LKS. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV MI Sunan Ampel Pakis. Prosedur penelitian mengikuti lima tahapan dari sepuluh tahapan yang dikembangkan oleh Borg and Gall dalam rangka pengembangan modul dari metode research and development. Lima tahapan tersebut adalah research and information collecting,
planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, dan main product revision.
Analisis kelayakan media LKS secara logis dengan menggunakan validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli desain dan ahli mata pelajaran; kemenarikan LKS secara empiris dianalisis dengan menggunakan kuesioner tertutup tanggapan siswa, dan perbedaan tingkat pemahaman
dianalisis melalui uji t dari hasil pre test sebelum menggunakan media dan hasil post test setelah menggunakan media pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dihasilkan layak digunakan dengan predikat validasi baik dari sisi desain,
bahasa, dan pembelajaran, serta sangat baik dari sisi materi; tanggapan siswa juga menunjukkan predikat sangat menarik; tingkat pemahaman konsep siswa yang belajar menggunakan LKS lebih baik dari yang tidak menggunakan LKS. Ini mengindikasi bahwa LKS yang dikembangkan dapat digunakan untuk diterapkan pada fase penelitian selanjutnya.

Item Type: Journal Article
Keywords: Lembar Kerja Siswa: LKS Berbasis Discovery Lerning; Daur Hidup Hewan;Pemahaman Konsep.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Wahidmurni Wahidmurni
Date Deposited: 20 Jul 2020 12:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item