Pengembangan lembar kerja siswa dengan strategi react pada tema “bermain di lingkunganku” untuk siswa tunagrahita kelas IV di home schooling Primagama Malang

Nuzulia, Nuril ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4780-3866 and Sudirman, Sudirman (2020) Pengembangan lembar kerja siswa dengan strategi react pada tema “bermain di lingkunganku” untuk siswa tunagrahita kelas IV di home schooling Primagama Malang. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12 (2). pp. 130-139. ISSN 1975-5599

[img]
Preview
Text
6340.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (318kB) | Preview

Abstract

Pengembangan lembar kerja siswa tunagrahita dengan menggunakan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring (REACT) di Home Schooling Primagama Malang kelas 4 ini didasarkan pada kenyataan belum tersedianya lembar kerja siswa tematik untuk tema “Bermain di Lingkunganku”. Sejauh ini pembelajaran tematik di Home Schooling Primagama Malang masih secara umum, tidak terdapat unsur relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring (REACT) didalam evaluasi pembelajarannya, hal ini dibuktikan dengan belum pernah pengembang menemui satupun lembar kerja siswa tematik yang didalamnya menggunakan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa dengan menggunakan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring pada tema “bermain di lingkunganku” yang layak untuk siswa tunagrahita kelas IV di Home Schooling Primagama Malang yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan pengembangan model desain Dick and Luo Carey yang terdapat 10 tahap, namun peneliti menggunakan hanya 9 tahap. Hasil pengembangan ini menghasilkan lembar kerja siswa dengan berbasiskan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring untuk kelas 4 tunagrahita di Home Schooling Primagama Malang. Produk dari pengembangan diuji cobakan melalui beberapa tahapan yang berurutan yakni validasi ahli isi, validasi ahli desain pembelajaran, validasi ahli pembelajaran, serta uji coba lapangan. Hasil penelitian ahli isi sebesar 86 % dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran 86 % dengan kualifikasi sangat baik, ahli pembelajaran 83 % dengan kualifikasi baik, uji coba lapangan 85 % dengan kualifikasi sangat baik. Analisa data yang digunakan Paired Samples T Test dengan alat bantu SPSS 16 dan hasil Sig 0,000 < 0,02 maka Ho di tolak, artinya bahwasannya ada perbedaan hasil belajar dari kelas yang sudah menggunakan lembar kerja siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya penggunaaan lembar kerja skswa dengan menggunakan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, dan transferring dapat meningkatkan pembelajaran tematik tema bermain di lingkunganku di Home schooling Primagama Malang.

Item Type: Journal Article
Keywords: pengembangan; lembar kerja siswa; strategi REACT; tunagrahita
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Nuril Nuzulia
Date Deposited: 24 Jul 2020 10:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item