Peningkatan kemampuan Maharah Al-Qira’ah bagi siswa-siswi kelas VII-K melalui model pembelajaran inquiri di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Malang

Fatimah, Siti and Mukmin, Muhammad Islahul and Syaifudin, Achmad (2019) Peningkatan kemampuan Maharah Al-Qira’ah bagi siswa-siswi kelas VII-K melalui model pembelajaran inquiri di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Malang. Presented at International Conference on Islamic Education (ICIED), 6-7 Nov 2019, Malang, Indonesia.

[img]
Preview
Text
1122-37-1939-1-10-20191228.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab terbagi menjadi empat maharah, diantaranya Maharah al-qira’ah. Maharah al-qira’ah merupakan keterampilan yang terfokus pada kemampuan membaca dan memahami teks. Dalam pembelajaran maharah al-qira’ah, penulis menemukan masalah di kelas VII-K MTsN 2 Malang, yaitu banyak siswa-siswi belum mampu membaca teks tanpa syakkal dan kesulitan memahami isi teks. Oleh sebab itu, memerlukan suatu model pembelajaran, salah satunya model inquiry. Model inquiry merupakan model pembelajaran dengan melakukan kegiatan pencarian dan penyelidikan, sehingga siswa mampu merumuskan penemuannya sendiri. Dalam model ini, siswa berperan aktif selama pembelajaran. Mereka menemukan materi yang dipelajari dan memecahkan masalahnya sendiri. Sehingga, model ini dapat memecahkan masalah pembelajaran yang terjadi. Oleh sebab itu, penelitian ini dilaksanakan bertujuan mengetahui hasil peningkatan kemampuan maharah al-qir’aah dengan model inquiry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (gabungan) model penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian yaitu siswa melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis kualitatif Miles and Huberman dan Uji-T jenis Paired Sample T-test. Adapun Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran maharah al-qira’ah melalui model pembelajaran inquiry bagi siswa-siswi kelas VII-K di MTsN 2 Malang menambah pemahaman siswa dan sangat berpengaruh bagi keberhasilan siswa dalam maharah al-qira’ah dengan dibuktikan adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa yaitu sebesar 22.79.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: model pembelajaran inquiri; maharah qiro’ah; penelitian tindakan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Muhammad Islahul Mukmin
Date Deposited: 30 Jul 2020 09:13

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item