Susanti, Elly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9528-4947 (2020) Eksplorasi etnomatematika konsep operasi hitung dalam permainan tradisional Kempreng. Suska Journal of Mathematics Education, 6 (1). pp. 1-8. ISSN 2540-9670
|
Text
6906.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (182kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep-konsep matematika yang terdapat dalam permainan tradisional Kempreng. Permainan tradisional Kempreng dimainkan oleh anak-anak berusia 6 hingga 15 tahun. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Permainan tradisional Kempreng (Kempyeng, dalam bahasa jawa) adalah permainan tradisional yang menggunakan tutup botol minuman yang terbuat dari besi sebagai alat permainan. Terdapat 3 tahapan yang harus dilalui oleh pemain, dalam memainkan permainan ini. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan alat dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada tahapan kedua terdapat suatu konsep matematika berupa empat prinsip penghitungan dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pembelajaran dalam menanamkan konsep operasi hitung dasar pada bilangan melalui permainan tradisional kempreng ini dapat memunculkan rasa kepekaan sosial, keterampilan dan kreativitas siswa untuk dapat memenangkan permainan ini. Sehingga guru dapat merancang desain pembelajaran konsep penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian melalui permainan tradisional kempreng.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | etnomatematika; permainan tradisional; kempreng; konsep operasi hitung |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Mathematics Education |
Depositing User: | Elly Susanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 12:20 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |