Melinda, Vannisa Aviana ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5157-5611 and Ningrum, Dian Eka Aprilia Fitria ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8240-9306 (2020) Pengembangan digital dictionary untuk mengukur retensi mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5 (2). pp. 145-154. ISSN 2599-2139
|
Text
6929.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (576kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan digital dictionary dan mengetahui peningkatan retensi mahasiswa dengan menggunakan digital dictionary. Penelitian ini merupakan R&D dengan menggunakan model pengembangan media pembelajaran oleh Lee dan Owens, dikarenakan dalam model pengembangan ini memiliki alur lengkap seperti tahap analisis dan penilaian, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Keseluruhan hasil validasi ahli materi terhadap media digital dictionary yang dikembangkan yaitu 92,30% dengan kategori valid. Hasil validasi ahli media terhadap media digital dictionary yang dikembangkan yaitu 91,67% dengan kategori valid. Pada penelitian ini, variabel terikat yang digunakan adalah daya retensi (retention rate) siswa terhadap istilah-istilah biologi yang terkandung dalam materi pokok tumbuhan, hewan dan manusia. Pada penelitian ini diperoleh data rerata retensi mahasiswa dalam kurun waktu 2 minggu masih tergolong B (baik) dengan skor 78,46. Sehingga, media digital dictionary dapat meningkatkan daya retensi mahasiswa.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | R&D; digital dictionary; dan retensi. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
Depositing User: | VANNISA AVIANA MELINDA |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 14:49 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |