New wave marketing untuk perbankan syariah: pendekatan kualitatif pada PT. Bank Bri Syariah Tbk KC Malang

Saputri, Eka Maya and Solekah, Nihayatu Aslamatis ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6722-8283 (2019) New wave marketing untuk perbankan syariah: pendekatan kualitatif pada PT. Bank Bri Syariah Tbk KC Malang. Presented at Seminar Nasional Sustainable Business (SNSB) 2019, 18 July 2019, Surabaya.

[img] Text
7179.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Persaingan pada perbankan syariah tidak lepas dari adanya perubahan arah strategi pemasaran menuju digitalisasi pemasaran. Hal ini selaras dengan perkembangan tekhnologi yang begitu cepat, menuntut layanan perbankan syariah untuk segera mengadaptasi teknologi tersebut agar tidak ditinggalkan nasabahnya. New Wave Marketing 4.0 merupakan strategi baru yang mengkombinasi marketing 3.0 dengan digital, terdapat tiga komponen dalam New Wave Marketing salah satunya adalah New Wave Value dimana PT. Bank BRI Syariah Tbk KC Malang tidak hanya melihat kenaikan index penjualan, juga melihat sejauh mana nasabah atau calon nasabah berminat agar meng-adovocate layanan BRISOnline. Tujuan penelitian ini untuk menggali bagaimana implementasi strategi pemasaran berdasarkan konsep New Wave Marketing, serta dukungan dan hambatan selama pelaksanaan konsep New Wave Marketing pada PT Bank BRI Syariah Tbk KC Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Pada penelitian ini disimpulkan: Strategi New Wave Marketingyang diterapkan mengarah padabrand is character, service is care, dan Process is collaboration. Meskipun ada yang belum terlaksanakan pada brand is character dimana rekap data melalui new brand matrik masih belum dilakukan. Untuk kedepannya dibutuhkan dukungan internal dari kantor pusat seperti pemberian informasi layanan BRISOnline dan memberi respon cepat dalam masalah serta dukungan ekternal berupa respon baik dari pengguna maupun bukan pengguna layanan BRISOnline. Hambatan internal yang muncul adalah sistem yang masih tradisional, sedangkan hambatan eksternal adanya nasabah yang masih menolak menggunakan layanan BRISOnline dengan berbagai alasan.

Item Type: Conference (Paper)
Additional Information: Penerbit: Departemen Bisnis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga ISBN: 978-623-92696-0-9
Keywords: new wave marketing; brand is character; service is care; process is collaboration
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Nihayatu Aslamatis Solekah
Date Deposited: 23 Nov 2020 14:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item