Integrasi ilmu sejarah dan agama : implikasinya dalam pembelajaran

Amalina, Sharfina Nur (2020) Integrasi ilmu sejarah dan agama : implikasinya dalam pembelajaran. Historis : : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5 (1). pp. 48-52. ISSN 2614-1167

[img]
Preview
Text
7208.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kitab suci Al-Qur’an menghormati kedudukan ilmu pengetahuan lebih dari kitab-kitab suci lainnya termasuk ilmu sejarah yang banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an yang dapat dijadikan sebagai penguat mempelajari sejarah. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep ilmu sejarah dan integrasi keislaman. Metode dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka, penelitian pustakan dilakukan dengan mengumpulkan data maupun informasi dengan menggunakan bantuan dari bermacam-macam sumber referensi. Hasil penelitian Integrasi Ilmu sejarah dan Islam dalam artikel ini adalah : 1) menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber pembelajaran sejarah, 2) menelusuri ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang ilmu sejarah serta pentingnya belajar sejarah, 3) pembelajaran sejarah dan integrasi Islam. Konsep integrasi ilmu sejarah dan islam adalah dengan menjadikan Ilmu Agama sebagai sumber penguat pembelajaran sejarah.

Item Type: Journal Article
Additional Information: 085736801174
Keywords: sejarah; pembelajaran al-Qur’an; integrasi pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Sharfina Nur Amalina
Date Deposited: 23 Nov 2020 16:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item