Pendidikan arsitektur dan edukasi tentang bambu sebagai material ramah lingkungan

Maslucha, Luluk and Putrie, Yulia Eka and Handryant, Aisyah Nur and Rahmah, Sukmayati (2020) Pendidikan arsitektur dan edukasi tentang bambu sebagai material ramah lingkungan. The Indonesian Green Technology Journal, 9 (1). pp. 14-24. ISSN 2355-4010

[img] Text
7331.pdf - Published Version

Download (1MB)
Full text available at: https://igtj.ub.ac.id/index.php/igtj/article/view/...

Abstract

Urgensi edukasi mengenai bambu di dalam pendidikan arsitektur berkaitan erat dengan berbagai permasalahan dan fenomena kontemporer di bidang permukiman dan lingkungan. Sebagai material alternatif yang ramah lingkungan, bambu memiliki berbagai potensi yang secara umum masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat umum. Mahasiswa dan lulusan pendidikan arsitektur memiliki peran penting dalam upaya eksplorasi potensi tersebut, sekaligus sosialisasinya kepada masyarakat secara luas. Namun demikian, perubahan positif dan solusi bagi permasalahan-permasalahan di atas tidak akan tercapai tanpa upaya serius pendidikan arsitektur untuk menanamkan pengetahuan, kemampuan, dan kepekaan mengenai potensi bambu kepada para mahasiswa. Penelitian ini merupakan salah satu upaya evaluasi terhadap edukasi bambu di pendidikan arsitektur, khususnya di Jurusan Arsitektur UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Evaluasi terhadap tingkat pengetahuan, kemampuan, dan kepekaan mahasiswa terkait berbagai potensi bambu dilakukan dengan tujuan merumuskan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang lebih tepat di masa depan.

Item Type: Journal Article
Keywords: bambu; kemampuan; kepekaan; pengetahuan; pendidikan arsitektur
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120101 Architectural Design > 12010106 Eco-architecture
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Technology > Department of Architecture
Depositing User: Dr. Yulia Eka Putrie
Date Deposited: 27 Nov 2020 12:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item