Pembelajaran pola bilangan melalui permainan tradisional Nasi Goreng Kecap

Rosikhoh, Dewi and Abdussakir, Abdussakir (2020) Pembelajaran pola bilangan melalui permainan tradisional Nasi Goreng Kecap. Jurnal Tadris Matematika, 3 (1). pp. 43-54. ISSN 2621-3990, 2621-4008

[img] Text
7365.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (374kB)

Abstract

Berkembangnya game di era percepatan teknologi saat ini mengancam kepunahan permainan tradisional. Oleh sebab itu, diperlukan integrasi pembelajaran dengan kearifan lokal budaya untuk menjaga kebudayaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membuat rancangan pembelajaran integrasi materi pola bilangan melalui permainan tradisional Nasi Goreng Kecap. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design research jenis development studies. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional Nasi Goreng Kecap memiliki lima tahap dalam proses permainannya. Tahap dua dari permainan ini, memuat konsep pola bilangan. Sehingga, melalui permainan tradisional Nasi Goreng Kecap dapat dirancang suatu proses pembelajaran yang mengintegrasikan matematika dengan kearifan lokal budaya. Dalam rancangan pembelajaran integratif tersebut, digunakan model pembelajaran cooperative learning dengan metode guided discovery learning. Siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan anggota maksimal tiap kelompok enam siswa. Tiap kelompok memainkan permainan Nasi Goreng Kecap hanya sampai tahap dua. Lembar kerja kelompok disediakan guru untuk mengarahkan siswa dalam membuat generalisasi pola dari tahap dua pada permainan tradisional Nasi Goreng Kecap.

Item Type: Journal Article
Keywords: pola bilangan; integrasi; permainan tradisional; nasi goreng kecap.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 27 Nov 2020 14:46

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item