Pengembangan bahan ajar tafsir tematik: Rekayasa model indeks al-Quran sebagai alat bantu pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus

H. Muhammad, Su’aib (2011) Pengembangan bahan ajar tafsir tematik: Rekayasa model indeks al-Quran sebagai alat bantu pembelajaran bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Suaib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam konteks penafsiran al Qur an secara tematik, kehadiran indeks al Qur an merupakan suatu keniscayaan, selain karena jumlah ayatnya relatif banyak dan sistematikanya relatif unik, juga karena potensial untuk disalahpahami jika tidak dikaitkan satu sama lain secara proporsional, rasional, dan komprehensif.

Harus diakui, indeks al Qur an telah hadir dalam dua model; lafz}i dan maknawi. Model yang pertama berbasis pada teks (bahasa Arab), sedangkan yang kedua berbasis pada makna (terjemahan) al Qur an. Kedua model ini memiliki pasar sendiri-sendiri, dan lebih kontributif sebagai alat bantu pencarian daripada pemahaman ayat al Qur an, karena pada umumnya hanya merujuk nomor surat dan ayat; tanpa disertai informasi lain tentang seluk beluk kosakata/huruf yang digunakan al Qur an. Padahal, sampai batas tertentu, pengetahuan tentang semua itu sangat membantu pemahaman al Qur an.

Penelitian pengembangan ini dimaksudkan untuk menemukan model indeks al Qur an berspesifikasi khusus, yang dirancang untuk kalangan yang lebih luas dan diharapkan membantu mereka untuk lebih mengenal seluk-beluk kosakata/huruf al Qur an. Pengembangan difokuskan pada tiga hal: 1) pengembangan model, 2) pengayaan spesifikasi, dan 3) penguatan fungsi. Pengembangan model dilakukan dengan mengintegrasikan model lafzi dan maknawi sebagai basis, sedangkan pengayaan spesifikasi dan penguatan fungsi, selain dengan memperbanyak opsi pencarian, juga memperkaya entri dengan informasi yang mendukung pemahaman ayat secara detail dan utuh.

Pengembangan dilakukan secara prosedural melalui lima tahapan: analisis, perancangan, pengembangan, evaluasi, dan revisi. Melalui prosedur kelima tahapan itu, berhasil ditemukan model indeks al Qur an berspesifikasi khusus, yaitu integrasi kedua model yang telah hadir sebelumnya. Kekhususan produk ini terletak pada dua aspek; variasi entri dan muatan entri. Kekhususan pada aspek pertama tampak pada empat variasi sistem alfabetik (menurut bentuk kata, akar kata, arti kata bahasa Indonesia, dan tema ayat), sementara kekhususan pada aspek kedua tampak pada kode inisial setiap entri, yang mengandung beberapa informasi mengenai seluk-beluk kosakata/huruf yang digunakan al Qur an, terutama jenis, bentuk, asal-usul, arti, dan posisinya dalam struktur kalimat. Selain itu, berdasarkan hasil ujicoba dalam pembelajaran tafsir Tematik, produk ini dapat dikategorikan berkinerja baik pada tiga aspek: 1) daya tarik, 2) efisiensi, dan 3) efektifitasnya sebagai alat bantu bagi mahasiswa berkebutuhan khusus.

Produk ini layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran tafsir tematik, meskipun dalam konteks ini, efektifitasnya sangat tergantung pada ketepatan strategi pembelajaran, dan peserta didik dipersyaratkan telah memiliki kemampuan berpikir konseptual dan kecakapan akademik (academic skill) lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Keywords: Pengembangan; Alat Bantu Pembelajaran; Tafsir Tematik; Pencarian dan Pemahaman Ayat al-Quran; Mahasiswa Berkebutuhan Khusus
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Faizuddin Harliansyah
Date Deposited: 31 Aug 2016 17:02

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item