Model Pemberdayaan Masjid Sebagai Rumah I’tikaf Ilmiah dan Pusat Pembelajaran Al-Qur’an bagi Masyarakat Ketawanggede Kota Malang

Sahlan, Asmaun (2009) Model Pemberdayaan Masjid Sebagai Rumah I’tikaf Ilmiah dan Pusat Pembelajaran Al-Qur’an bagi Masyarakat Ketawanggede Kota Malang. Research Report. Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Cover, Halaman Pengesahan, Daftar Isi, Daftar Pustaka)
2009.pdf - Cover Image

Download (3MB) | Preview

Abstract

Secara historis masjid merupakan lembaga sentral ummat Islam. Rasulullah membangun dan menjadikan masjid bukan semata-mata sebagai tempat kegiatan ritual umat Islam, tetapi sebagai pusat kegiatan Pendidikan Agama Islam. Artinya didalam lembaga masjid tersebut terjadi distribusi ajaran Islam, sehingga Islam bisa dipahami, dihayati dan diamalkan dalarn kehidupan sehari-hari. Hubungan masjid dan ilmu pengetahuan merupakan unsur yang sangat berkaitan. Dilihat pada perkembangan Islam pada zaman dahulu (masa Nabi) sampai sekarang masjid berperan penting sebagai media pengajaran atau media pendidikan. Masjid Rais Dahlan Ketawanggede Kota Malang berfungsi sebagai pengontrol dan penilai seluruh aktifitas umat Islam, termasuk memberikan pemahaman tentarig keislaman dengan bentuk kegiatan i'tikaf ilmiah dan pembelajaran al-Qur'an Persoalan yang muncul sekarang dalam penelitian ini adalah Apa program i'tikaf ilmiah dan pembelajaran al-Qur'an yang dilakukan di Masjid Rais Dahlan Ketawanggede Kota Malang? Bagaimana pengelolaan kegiatan i'tikaf ilmiah dan pembelajaran al-Qur'an yang dilakukan di Masjid Rais Dahlan Ketawanggede Kota Malang? Mengapa kegiatan i'tikaf ilmiah dan pembelajaran al-Qur'an perlu dilakukan di Masjid Dahlan Ketawanggede Kota Malang?

Melalui penelitian ini metode yang digunakan adalah metode observasi, interview,. dokumentasi dari data-data yang diperlukan dalam proses penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana data yang diperoleh di lapangan maupun di perpustakaan dikumpulkan dan dianalisis secara kualitatif. Data penelitian kualitatif tidak berbentuk angka, tetapi lebih banyak berbentuk narasi, deskriptif, cerita, metode observasi, dan metode dokumentasi tertulis. Dari penelitian ini ditemukan dan disimpulkan bahwa, masjid sebagai salah satu tempat pemberdayaan dengan model kegiatan i'tikaf ilmiah dan pembelajaran al-Qur'an dengan bentuk kegiatan pengajian kitab kuning, diskusi rutin dan pembelajaran al-Qur'an. Pengelelolaan kegiatan i'tikaf ilmiah dan pembelajaran al-Qur'an dikelola dengan bentuk pembagian job masing-masing pengurus ta'mir, dan pengurus remaja masjid, sehingga dengan pembagian tersebut bisa berjalan dengan apa yang diharapkan. Masyarakat yang ada di sekitar masjid tersebut mulai berubah, yang awal mulanya banyak masyarakat tidak shalat, tidak puasa pada bulan ramadhan, minum-minuman, dan lain sebagainya, sekarang mereka berhenti untuk melakukan itu.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Asmaun Sahlan
Date Deposited: 05 Sep 2016 09:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item